Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1339
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSULARTO-
dc.date.accessioned2022-06-08T07:46:20Z-
dc.date.available2022-06-08T07:46:20Z-
dc.date.issued2020-07-21-
dc.identifier.other161364129-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1339-
dc.description.abstractPada model pembelajaran Teaching Game Team yang dikembangkan oleh Mel Silberman merupakan model pembelajaran aktif yang mana siswa dibagi ke dalam tiga kelompok besar dan semua anggota bersama-sama mempelajari materi tersebut, mendiskusikan materi, saling memberi arahan, saling memberikan pertanyaan dan jawaban, setelah materi selesai, diadakan suatu pertandingan akademis yang bertujuan terciptalah kompetisi antar kelompok dengan motivasi yang tinggi agar dapat memperoleh nilai yang tinggi dalam pertandingan. Sedangkan model pembelajaran konvensional merupakan model pembelajaran yang dilakukan dengan berpusaat pada guru, artinya dalam model pembelajaran konvensional ini gurulah yang lebih berparan aktif dalam menyampaikan materi pelajaran sedangkan siswa lebih pasif dalam menerima pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini terfokus pada “apakah hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran teaching game team lebih tinggi dibandingkan hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di Kelas XII SMA PAB 9 Patumbak Tahun Pelajaran 2019/2020? “. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XII SMA PAB 9 Patumbak Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penerapan metode pembelajaran teaching game teamdan model pembelajan konvensional. Untuk meningkatkan keaktifan belajar ekonomi siswa kelas XII SMA PAB 9 Patumbak Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penerapan metode pembelajaran Teaching game teamdan model pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajara ekonomi siswa kelas XII SMA PAB 9 Patumbak Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan menerapkan model pembelajaran Teaching game team dan model pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa dengan menerapkan model pembelajaran teaching game teamdan model pembelajaran konvensional dikelas XII SMA PAB 9 Patumbak Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PAB 9 Petumbak, yang menjadi sampel adalah siswa kelas di Kelas XII SMA PAB 9 Patumbak Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 50 orang siswa yaitu sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran teaching game team, dan sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol yang diberiperlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis di atas diperoleh hasil pada signifikansi dengan α = 0,05 dand k = (n_1+ n_(2 )-2) = ( 25 + 25 – 2 ) = 48, maka diperoleh hasil thitung = 5,977 dan ttabel = 1,677 didapat dari daftar distribusi t, dengan thitung> ttabel maka H_0 ditolak, sehingga hipotesis alternatif H_aditerima yang artinya bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif teaching game team lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi siswa yang belajar dengan penggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII SMA PAB 9 Patumbak Tahun Pembelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian di atas, maka diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas XII SMA PAB 9 Patunbak antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran teaching game team dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional untuk tahun pembelajaran 2019/2020.  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 103 PENDEK 2020en_US
dc.titlePerbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menerapkan Model Pembelajaran Teachintg Game Team Dan Konvensional Siswa Kelas XII SMA PAB 9 Patumbaken_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER.docxCOVER39.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2. LEMBAR PERSETUJUAN.docxLEMBAR PERSETUJUAN18.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3. DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI21.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4. KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR68.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open
5. ABSTRAK.docxABSTRAK24.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6. BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I29.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
7. BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II43.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
8. BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III46.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
9. BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV75.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
10. BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V21.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
11. DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA19.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
12. LAMPIRAN.docxLAMPIRAN85.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA sularto.docxBIODATA41.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.