Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1845
Title: PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2017/2018
Authors: NURBAITY
Issue Date: 13-Feb-2017
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 65 BK 2017
Abstract: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kepada sekelompok orang yang dijadikan sampel penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelasVII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa sebanyak 140 siswa. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan kepada responden untuk menjaring data tentang konsep diri siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket.Teknik analisis data dengan menggunakan uji beda (uji t). Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa, dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan jika F hitung (51,024) > F tabel (3,097698) berarti Ho ditolak jadi kecerdasan emosional berpengaruh terhadap konsep diri dan menunjukkan jika t hitung (9,210 ) > t tabel (1.986674) jadi hipotesis nol ditolak, kesimpulannya bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap konsep diri siswa. Ini berarti semakin tinggi kecerdasan emosional siswa akan tinggi pula konsep diri yang dicapainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa yang ditunjukkan dari hasil nilai koefisien determinasi parsial untuk variabel kecerdasan emosional sebesar 0,697 dengan pesentase 48,58%. Jadi, dapat diketahui bahwa secara terpisah kecerdasan emosional berpengaruh sebesar 48,58% terhadap konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa Siswa Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa adalah kategori cukup atau sedang. hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan “Ada pengaruh yang positif antara kecerdasan emosional siswa terhadap konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2017/2018dapat diterima.”
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1845
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER SKRIPSI BETI (1).docxCOVER100.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI BETY.docxLEMBAR PERSETUJUAN14.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR13.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK15.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I22.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II33.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III39.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV38.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V14.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA15.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6. LAMPIRAN I IV ANGKET (1).docxLAMPIRAN40.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open
7. LAMPIRAN V ANALISIS ANGKET TRY OUT KECERDASAN EMOSIONAL.xlsxLAMPIRAN16.93 kBMicrosoft Excel XMLView/Open
8. LAMPIRAN VI REABILITAS ANGKET KECERDASAN EMOSIONAL (1).xlsxLAMPIRAN15.87 kBMicrosoft Excel XMLView/Open
9. LAMPIRAN VII VIII KONSEP DIRI.xlsxLAMPIRAN30.8 kBMicrosoft Excel XMLView/Open
10. LAMPIRAN TABEL UJI T (1).docxLAMPIRAN52.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open
11. LAMPIRAN TABEL PRODUCT MOMENT (1).docxLAMPIRAN23.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.