Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2020
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDra. Hj. Disna Anum Siregar, M.Si ; M. Faisal Husna S.Sos, S.Pd, MH ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorNASUTION, YUSRINA-
dc.date.accessioned2022-09-14T02:37:27Z-
dc.date.available2022-09-14T02:37:27Z-
dc.date.issued2017-08-24-
dc.identifier.other131354019-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2020-
dc.description.abstractPermasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Gebang Kab.Langkat Tahun Pelajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah : “Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), apakah dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Gebang Kab.Langkat Tahun Pelajaran 2016 / 2017”.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Gebang Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 siswa. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan dua siklus. Prosedur penelitiannya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, Tahap observasi dan refleksi merupakan analisis, sintesis, interpretasi dan eksplementasi yang diperoleh dari data pelaksanaan tindakan. Penelitian ini memberikan simpulan yaitu aktivitas siswa, kondisi siswa dalam belajar, respon siswa sewaktu belajar mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Sedangkan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II, dengan rata-rata tes hasil belajar I sebesar 66,62 pada siklus I tergolong cukup dan rata-rata tes hasil belajar sebesar 74,25 pada siklus II tergolong tinggi, demikian juga dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 77,50% tergolong belum tuntas dan pada siklus II sebesar 87,50% tergolong tuntas. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ini sangat efektif digunakan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Gebang Kab.Langkat, Dengan kata lain hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat diterima kebenarannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 06 PPKN 2017en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPPKnen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVUDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATU ATAP GEBANG KAB. LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2016-2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER25.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lembar persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN11.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR13.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open
abstrak.docxABSTRAK13.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I19.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II21.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III24.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV41.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V12.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA11.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN I.docxLAMPIRAN57.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.