Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2020
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Dra. Hj. Disna Anum Siregar, M.Si ; M. Faisal Husna S.Sos, S.Pd, MH ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | NASUTION, YUSRINA | - |
dc.date.accessioned | 2022-09-14T02:37:27Z | - |
dc.date.available | 2022-09-14T02:37:27Z | - |
dc.date.issued | 2017-08-24 | - |
dc.identifier.other | 131354019 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2020 | - |
dc.description.abstract | Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Gebang Kab.Langkat Tahun Pelajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah : “Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), apakah dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Gebang Kab.Langkat Tahun Pelajaran 2016 / 2017”.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Gebang Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 siswa. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan dua siklus. Prosedur penelitiannya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, Tahap observasi dan refleksi merupakan analisis, sintesis, interpretasi dan eksplementasi yang diperoleh dari data pelaksanaan tindakan. Penelitian ini memberikan simpulan yaitu aktivitas siswa, kondisi siswa dalam belajar, respon siswa sewaktu belajar mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Sedangkan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II, dengan rata-rata tes hasil belajar I sebesar 66,62 pada siklus I tergolong cukup dan rata-rata tes hasil belajar sebesar 74,25 pada siklus II tergolong tinggi, demikian juga dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 77,50% tergolong belum tuntas dan pada siklus II sebesar 87,50% tergolong tuntas. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ini sangat efektif digunakan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Gebang Kab.Langkat, Dengan kata lain hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat diterima kebenarannya. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 06 PPKN 2017 | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | PPKn | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVUDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATU ATAP GEBANG KAB. LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2016-2017 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | COVER | 25.12 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
lembar persetujuan.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 11.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 14.97 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 13.09 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
abstrak.docx | ABSTRAK | 13.02 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 19.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 21.34 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 24.2 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 41.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 12.75 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 11.24 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN I.docx | LAMPIRAN | 57.46 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.