Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2027
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Drs. Kondar Siregar, MA. Dra. Hj. Disna Anum Siregar, M.Si. ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | WAHYUNI, RINI | - |
dc.date.accessioned | 2022-09-14T03:16:19Z | - |
dc.date.available | 2022-09-14T03:16:19Z | - |
dc.date.issued | 2017-09-28 | - |
dc.identifier.other | 131354013 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2027 | - |
dc.description.abstract | Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya perhatian siswa kelas XI SMAN 1 Kotarih pada mata pelajaran PPKn yang menyebabkan rendahnya keaktifan belajar siswa.Hal ini dilihat dari hasil prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Kotarih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran discovery (penemuan) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Kotarih. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah penggunaan strategi pembelajaran discovery (penemuan) sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dalam desain penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan responden yaitu siswa kelas XI SMAN 1 Kotarih Tahun Pembelajaran 2017/2018 kelas XI yang terdiri dari satu lokal yang berjumblah 35 siswa. Populasinya adalah siswa kelas XI SMAN 1 Kotarih yang berjumlah 35 siswa dan yang menjadi sampelnya adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Kotarih yang diambil dari jumlah populasi yaitu 35 siswa. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment dan uji t. sehingga dengan analisis data ini akan diketahui ada atau tidaknya pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Dari hasil penelitian ini diketahui Variabel Keaktifan diperoleh r_hitung>r_tabel sebesar 0.730> 0.334, sedangkan Prestasi Belajardiperoleh r_hitung>r_tabel sebesar 0.387 > 0.334 pada taraf signifikan 95% dari hasil perhitungan uji t untuk mengetahui apakah hipotesis diterima atau ditolak, maka setelah dilakukan pengujian t_hitung> ttable (41.43 > 1.70). Ini berarti H0 ditolak Ha diterima dengan tingkat pengaruhnya sebesar 0,25% dan tingkat signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh positif antara penggunaan strategi pembelajaran discovery dengan keaktifan dan prestasi belajar dapat diterima oleh siswa kelas XI SMAN 1 Kotarih tahun pembelajaran 2017/2018. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 24 PPKN 2017 | en_US |
dc.subject | Strategi Pembelajaran Discovery (Penemuan) | en_US |
dc.subject | Keaktifan Dan Prestasi Belajar | en_US |
dc.subject | PPKn | en_US |
dc.title | PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY ( penemuan ) TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTARIH T.P 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | COVER | 96.95 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
lembar persetujuan.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 18.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 17.11 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 12.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
abstrak.docx | ABSTRAK | 18.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 25.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 28.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 22.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 35.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 15.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 13.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.