Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2031
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDra. Disna Anum Siregar, M.Si ; Drs. Samsul Bahri, M.Si ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSIMANJUNTAK, ANI-
dc.date.accessioned2022-09-14T07:12:47Z-
dc.date.available2022-09-14T07:12:47Z-
dc.date.issued2017-09-05-
dc.identifier.other141354015-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2031-
dc.description.abstractIdentifikasi permasalahan yang ada adalahhasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas X SMK Swasta Al-Washliyah 2 Medan TP. 2016/ 2017 masih rendah,metode kerja kelompok sering dianggap kurang efektif. Rumusan masalahnya adalah “Apakah Kolaborasi Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn KelasX SMK Swasta Al-Washliyah 2 Medan TP. 2016/ 2017?”. Dan Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Al-Washliyah 2 Medan TP. 2016/ 2017 yang berjumlah 40 siswa. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan kolaborasi Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Media Gambar,Penelitian ini menggunakan dua siklus. Untuk memperoleh data yang diperlakukan dalam penelitian ini digunakantes pilihan bergandasebanyak 10butir untuk tiap siklus.Prosedur penelitiannya terdiri dari tahap perencanaan, membuat rencana pembelajaran, lembar observasi dan mendesain alat evaluasi. Tahap pelaksanaan tindakan, melaksanakan rencana pembelajaran dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Media Gambar. Tahap observasi menggunakan lembar observasi untuk mencatat temuan. Tahap observasi dan refleksi merupakan analisis, sintesis, interpretasi dan eksplementasi yang diperoleh dari data pelaksanaan tindakan. Penelitian ini memberi kesimpulan yaitu suasana belajar dengan Kolaborasi Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Media Gambar, yaitu aktivitas siswa, kondisi siswa dalam belajar, respon siswa sewaktu belajar dan ketuntasan belajarnya mengalami peningkatan dari pretest hingga siklus I sampai siklus II. Dengan nilai pretes yang awalnya hanya sebesar 25% pada siklus I mengalami peningkatan yang cukup sebesar 62,5% meskipun tergolong belum tuntas sementara pada siklus II tergolong tinggi yaitu sebesar 87,5% dan dinyatakan tuntas.Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa implementasi Kolaborasi Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Media Gambarini pada materi menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasionalsangat efektif digunakan di kelas X Swasta SMK Al-Washliyah 2 Medan, dengan kata lain hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat diterima kebenarannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 17 PPKN 2017en_US
dc.subjectThink Pair Share Dan Media Gambaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPPKnen_US
dc.titlePENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMK SWASTA AL WASHLIYAH 2 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER26.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lembar persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN19.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR13.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open
abstrak.docxABSTRAK17.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I22.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II21.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III34.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV53.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V19.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA11.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 1.docxLAMPIRAN128.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.