Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2136
Title: | ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN GESTUR PEMBELAJARAN LAMBAN ( SLOW LEARNING ) PADA MATERI PECAHAN DI MTS.RAUDHATUL HASANAH TP. 2020/2021 |
Authors: | RAMADANI, MAWADDAH |
Issue Date: | 28-Oct-2022 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 13 PEND.MM 2022 |
Abstract: | Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs. Raudhatul Hasanah? dan 2) bagaimanakah gestur pembelajaran lamban (slow learning) siswa kelas VII MTs. Raudhatul Hasanah?. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs. Raudhatul Hasanah dan 2) untuk mendeskripsikan gestur pembelajaran lamban (slow learning) siswa kelas VII MTs. Raudhatul Hasanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data primer dengan melalui studi observasi dan wawancara. Wawancara (interview) dilakukan dengan pihak informan yaitu guru dan perwakilan siswa kelas VII MTs. Raudhatul Hasanah. Pengumpulan data sekunder didapatkan melaui dokumentasi, yang meliputi dokumentasi bahan ajar, kegiatan pembiasaan, dokumentasi hal-hal yang berkaitan dengan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs. Raudhatul Hasanah. Data pemahaman konsep matematis diperoleh dari hasil tes pemahaman konsep matematis pada materi pecahan yang telah dikerjakan oleh siswa. Tes yang digunakan berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal. Untuk menganalisis data yang telah terkumpul digunakan digunakan analisis data non-statistik, karena jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs. Raudhatul Hasanah berada pada kategori sangat rendah. Kemudian, gestur pembelajaran lamban (slow learning) siswa kelas VII MTs. Raudhatul Hasanah yaitu siswa slow learning memiliki kemampuan penalaran yang rendah. Kelima siswa slow learning juga mengatakan bahwa hanya sedikit materi pecahan yang dapat mereka pahami, meskipun guru sudah menjelaskan dengan baik, namun mereka tidak mampu memahami materi pecahan dengan baik dan benar. Selain itu, kelima siswa slow learning menunjukkan sikap yang pasif dalam mengikuti pembelajaran. Namun, apabila dilihat secara fisik, mereka tidak memiliki masalah dalam belajar, kelima siswa slow learning termasuk anak-anak yang mudah bergaul, rajin, bersemangat, sopan dan disukai oleh teman-temannya. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2136 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.doc | COVER | 147.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 76 kB | Microsoft Word | View/Open |
KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 115.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 74.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 145.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB II.doc Restricted Access | BAB II | 114.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB III.doc Restricted Access | BAB III | 323 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 1.27 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 65.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 72 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.