Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2337
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAbdullah Hasibuan, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSARI, PUTRI YULIDA-
dc.date.accessioned2023-01-04T02:04:54Z-
dc.date.available2023-01-04T02:04:54Z-
dc.date.issued2022-07-26-
dc.identifier.other181214077-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2337-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan metode active debate pada siswa kelas X MO1 (Mesin Otomotif 1) SMK Melati Perbaungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pola kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas X MO1 (Mesin Otomotif 1) yang berjumlah 36 orang siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk menilai hasil pembelajaran keterampilan berbicara dan observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode active debate. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penggunaan metode active debate dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X MO1 (Mesin Otomotif 1) SMK Melati Perbaungan. Pada pelaksanaan tindakan siklus I, sebagian besar siswa masihragu-ragusaat berbicara di hadapan guru dansiswa lain. Penggunaan tekanan, ucapan, dan pemilihan kata sudahcukupbaik.Namun, penguasaan topik dan struktur perlu ditingkatkan lagi.Pada pelaksanaan tindakan siklus II, unsure keberanian, kelancaran, penggunaan tekanan, dan ucapan, serta pemilihan kata dikuasai dengan baik oleh siswa. Siswa pun bisa memahami topic pembicaraan dengan baik. Penggunaan struktur kalimat perlu ditingkatkan lagi dengan memberikan latihan berbicara secara intensif pada siswa. Peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara berdampak pada peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara. Peningkatan pada siklus I sebesar 11, yang kondisi awal 51,3 menjadi 62,3 dan pada siklus II sebesar 23,9, yang kondisi awal 51,3 menjadi 75,2. Penelitian penggunaan metode active debate untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X MO1 (Mesin Otomotif 1) SMK Melati Perbaungan berhasil dalam proses dan hasilnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 21 PEND.BIND 2022en_US
dc.subjectmetode active debateen_US
dc.subjectketerampilan berbicaraen_US
dc.titlePENGGUNAAN TEKNIK ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS X SMK MELATI PERBAUNGAN T.P 2021-2022en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER80.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN134.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI.docxKATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI85.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK188.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB 1.docx
  Restricted Access
BAB I52 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 2.docx
  Restricted Access
BAB II85.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 3.docx
  Restricted Access
BAB III94.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 4.docx
  Restricted Access
BAB IV801.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 5.docx
  Restricted Access
BAB V54.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.