Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2400
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNurmairina, S.Pd.I., M.Pd ?( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorAGUSTINA, NADYA-
dc.date.accessioned2023-03-09T06:29:12Z-
dc.date.available2023-03-09T06:29:12Z-
dc.date.issued2022-12-22-
dc.identifier.other181434082-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2400-
dc.description.abstractHasil belajar siswa yang menurun menunjukkan terjadinya kesulitan dalam belajarnya.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa di kelas VI, tingkat kesulitan belajar matematika siswa, serta mengetahui penyebab terjadinya kesulitan belajar matematika siswa di kelas VI SD Negeri 101944 Deli Muda. Desain penelitian ini yaitu analisis deskriptif, dimana penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.tingkat kesulitan belajar siswa khususnya pada pembelajaran matematika di kelas VI berjumlah 63,1% yang teridentifikasi mengalami kesulitan belajar dikelas, atau dengan kata lain terdapat 12 dari 19 siswa/I yang mengalami kesulitan belajar dengan jenis kesulitan belajar matematika (Diskalkulia) yang meliputi kesulitan dalam memahami konsep berhitung dalam materi penjumlahan bilangan bulat, operasi hitung campuran, serta memahami cara menyelesaikan persoalan pada materi pemecahan masalah luas dan keliling pada bangun datar dan bangun ruang. Terdapat 5,2% pada tingkat kesulitan dengan jenis kesulitan membaca atau (Disleksia) atau dengan kata lain terdapat 1 siswa yang mengalami kekeliruan saat membaca soal. Pada tingkat kesulitan dengan jenis kesulitanbelajar menulis (Disgrafia) adalah 0%, karena tidak terdapat siswa/I dikelas VI yang mengalami kesulitan dalam menulisnya.Ada beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika itu terjadi, yaitu faktor internal yang terjadi dari dalam diri siswa, yang meliputi minat dan motivasi belajar siswa, kebiasaan dalam belajar, dan kondisi kesehatan tubuh siswa. Sedangkan faktor eksternal yang terjadi dari luar diri siswa, yang meliputi kondisi lingkungan, hubungan guru dan siswa, dan media/alat peraga pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 46 PGSD 2022en_US
dc.subjectKesulitan Belajaren_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titleANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VI SD NEGERI 101944 DELI MUDAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER25.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN169.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI17.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR218.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK251.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I20.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II58.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III67.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV14.28 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V21.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA23.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN636.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA355.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.