Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2410
Title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MINIATUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 DI KELAS III SD NEGERI 25 MEDAN BARU KAB. BATU BARA T.A 2021/2022
Authors: Fatah Ibnu Hajar, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING )
ZEGA, RAVANI PUTRI
Keywords: Media Miniatur
Hasil Belajar
Tematik
Issue Date: 8-Sep-2022
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 61 PGSD 2022
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnyaHasilBelajarTEMATIK Siswa kelas III SD Negeri 25 Medang Baru Pada tema 7 materi energi dan perubahannya.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media miniatur terhadap hasil belajar pada pembelajaran TEMATIK di kelas III SD Negeri 25 Medang Baru tahun ajaran 2021/2022.Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan menggunakan nonequivalent control group design.Penelitian kuantitatif nonequivalent control group design merupakan penelitian yang membandingkan nilai pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 25 Medang Baru yang berjumlah 31 siswa.Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrument tes. Berdasarkan hasilanalisis data diperoleh rata-rata kemampuan pretest kelompok eksperimen yaitu 64,67 dengan standar deviasi 8,450 terlihat meningkat dari hasil postest74,30 dengan standar deviasi 8,23 bahwa pengguanaan media miniatur berpengaruh terhadap hasil belajar TEMATIK tema 7 siswa, dibandingkan dengan kelompok kontrol bahwa hasil pretest nya rendah begitu juga dengan pretest nya yaitu 60,00 dengan standar deviasi 8,281 dan hasil postest yaitu 71,57 dengan standar deviasi 6,89. Terlihat dari uji hipotesis menunjukkan hasil statistic secara parsialnya bahwa hasil statistic secara parsialnya bahwa nilai〖T 〗_hitung media miniatur = 21,267 maka diperoleh t hitung> t table atau 21,267 > 2,048dan signifikan 0,00< 0,05. Dari hasil uji t tersebut Hipotesis Diterima, diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan media miniature terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran tematik tema 7 kelas III SDN 25 Medang Baru Kabupaten Batu Bara T.A 2021-2022.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2410
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER74.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN177.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI25.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR254.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK429.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I28.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II181.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III110.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV54 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V24.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA26.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN1.38 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA190.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.