Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2424
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDra. Sukmawarti, M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSYAFITRI, JULIA-
dc.date.accessioned2023-03-10T03:25:36Z-
dc.date.available2023-03-10T03:25:36Z-
dc.date.issued2022-08-02-
dc.identifier.other181434173-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2424-
dc.description.abstractPermasalahan yang di angkat pada penulis dalam penelitian ini adalah jarang digunakannya media pembelajaran yang menarik pada materi pecahan. Dan pemanfaatan media pembelajaran masih kurang bervariasi untuk peserta didik, karena guru hanya menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran berupa komik berbsis karakter. Maka dari itu penulis bertujuan untuk mengretahui kelayakan dan menghasilkan media pembelajaran komik berbasis karakter pada pembelajaran matematika dengan materi pecahan untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh thiagrajan (1974) yang mencakaup empat langkah yaitu : tahapan define (pengidentifikasian ), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate ( penyebaran). Tetapi dimodifikasi menjadi model 3D. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli media dan guru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang digunakan adalah angket. Angket yang akan dinilai dengan cara memilih "Ya" atau "Tidak". Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan guru kelas v SD Negeri 060788 Medan. Media komik berbasis karakter dihasilkan melalui penilaian hasil validasi oleh ahli materi, ahli media dan guru kelas V SD Negeri 060788 medan sehingga sangat cocok digunakan untuk siswa kelas V SD. Walaupun ada beberapa kritik dan saran ahli materi dan media seperti ,memperbaiki penulis angka, dan media sesuai karakternya, yang sudah di revisi penulis, sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik berbasis karakter pada pengembangan pembelajaran pecahan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 82 PGSD 2022en_US
dc.subjectKomik berbasis karakteren_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectPecehanen_US
dc.titlePENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PECAHAN DI KELAS V SDen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER99 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN225.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI28.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR311.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK1.33 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I30.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II362.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III60.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV20.91 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V26.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA28.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN5.2 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA262.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.