Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2429
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSujarwo, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSAODA-
dc.date.accessioned2023-03-13T02:46:53Z-
dc.date.available2023-03-13T02:46:53Z-
dc.date.issued2022-10-25-
dc.identifier.other181434073-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2429-
dc.description.abstractPenelitian ini di latar belakangi dengan hasil observasi pada SDN No 106193 Bakaran Batu yang sebelumnya diketahui rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Dengan alasan latar belakang tersebutlah penelitian akan melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN No 106193 bakaran batu dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk melengkapi data penelitian menggunakan instrumen yang terdiri dari lembar observasi dan tes siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian yang sudah dijalankan menunjukkan bahwa penelitian ini dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran problem based learning juga membuat siswa lebih aktif berfikir kroitis dan mampu menemukan informasi sendiri dalam memecahkan masalah. Sebelum penerapan model pembelajaran problem based learning peneliti juga menggunakan (pretes) sebelum pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa memperoleh nilai 68 dengan persentase ketuntasan 65%. Sedangkan pada siklus II rata-rata perolehan hasil belajar siswa mencapai nilai 83,25 dengan persentase ketuntasan 90%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN No 106193 Bakaran Batu.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 80 PGSD 2022en_US
dc.subjectModel Problem Based Learningen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN DATAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SDN NO 106193 BAKARAN BATUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER171.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN346.28 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI40.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR91.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK1.22 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I31.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II309.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III52.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV92.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V25.7 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA25.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN1.37 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docxBIODATA351.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.