Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2429
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sujarwo, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | SAODA | - |
dc.date.accessioned | 2023-03-13T02:46:53Z | - |
dc.date.available | 2023-03-13T02:46:53Z | - |
dc.date.issued | 2022-10-25 | - |
dc.identifier.other | 181434073 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2429 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini di latar belakangi dengan hasil observasi pada SDN No 106193 Bakaran Batu yang sebelumnya diketahui rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Dengan alasan latar belakang tersebutlah penelitian akan melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN No 106193 bakaran batu dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk melengkapi data penelitian menggunakan instrumen yang terdiri dari lembar observasi dan tes siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian yang sudah dijalankan menunjukkan bahwa penelitian ini dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran problem based learning juga membuat siswa lebih aktif berfikir kroitis dan mampu menemukan informasi sendiri dalam memecahkan masalah. Sebelum penerapan model pembelajaran problem based learning peneliti juga menggunakan (pretes) sebelum pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa memperoleh nilai 68 dengan persentase ketuntasan 65%. Sedangkan pada siklus II rata-rata perolehan hasil belajar siswa mencapai nilai 83,25 dengan persentase ketuntasan 90%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN No 106193 Bakaran Batu. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 80 PGSD 2022 | en_US |
dc.subject | Model Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | Matematika | en_US |
dc.title | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN DATAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SDN NO 106193 BAKARAN BATU | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 171.68 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 346.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 40.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 91.49 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 1.22 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 31.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 309.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 52.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 92.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 25.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 25.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 1.37 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA.docx | BIODATA | 351.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.