Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2468
Title: | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD PAB 20 BANDAR KLIPPA |
Authors: | Nila Lestari, S.Pd., M.Pd (PEMBIMBING ) CHAIRUNNISA |
Keywords: | Implementasi Pendidikan Karakter Pembelajaran Tematik |
Issue Date: | 8-Sep-2022 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 107 PGSD 2022 |
Abstract: | Judul penelitian ini adalah Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran Tematik Kelas IV di SD PAB 20 Bandar Klippa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai masalah, yaitu: kendala guru dalam mengimplementasikan Pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik, kendala tersebut disebabkan oleh faktor keluarga, sehingga menyebabkan budaya karakter menurun dan banyak terjadi bullying yang menyebabkan keberhasilan akademik juga menurun. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran tematik, dan kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, penyebab budaya karakter bisa menurun yang dapat menyebabkan keberhasilan akademik juga menurun. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawacara. Observasi dan wawancara ditujukan kepada guru untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran Tematik Kelas IV di SD PAB 20 Bandar Klippa. Untuk melakukan implementasi pendidikan Karakter di SD tidaklah mudah, seorang pendidik harus telah memiliki karakter yang baik. Dimana pendidikan disetiap jenjang harus diselenggarakan dengan sistematis guna mencapai tujuan tersebut. Hal ini berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik sehingga mampu bersaing, beretika bermoral, sopan santun dan dapat berinteraksi dengan masyarakat. Pembinaan karakter termasuk ke dalam materi yang harus di ajarkan dan dikuasai dan direalisasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implemetasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran tematik di kelas IV SD PAB 20 Bandar Klippa sudah mencapai hasil yang memuaskan. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara dan analisis data pada saat observasi penilaian observasi pada guru dengan skor presentase 65%. Guru telah maksimal dalam mengimplemetasikan pendididikan karakter melalui kegiatan pembelajaran tematik dengan kegiatan spontan, bersikap ramah, disiplin dan dapat menciptakan suasana yang kondusif. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2468 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
a. Cover.doc | COVER | 176 kB | Microsoft Word | View/Open |
b. Lembar Pengesahan.doc | LEMBAR PENGESAHAN | 361 kB | Microsoft Word | View/Open |
d. DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 32.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
c. KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 376.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
e. ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 483 kB | Microsoft Word | View/Open |
f. BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 57.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
g. BAB II.doc Restricted Access | BAB II | 130.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
h. BAB III.doc Restricted Access | BAB III | 93.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
i. BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 175 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
j. BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 51.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
k. DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 63 kB | Microsoft Word | View/Open |
l. LAMPIRAN.doc | LAMPIRAN | 879 kB | Microsoft Word | View/Open |
m. Biodata Mahasiswa.doc | BIODATA | 312 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.