Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2710
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSukmawarti, (Pembimbing)-
dc.contributor.authorNurul Aina, Fika-
dc.date.accessioned2023-06-06T02:03:30Z-
dc.date.available2023-06-06T02:03:30Z-
dc.date.issued2022-11-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2710-
dc.description.abstractPengembangan media animasi berbantu powtoon pada pembelajaran bahasa Indonesia materi puisi ini di latar belakangi oleh rendahnya minat dan motivasi peserta didik pada saat proses pembelajaran di sebabkan media pembelajaran yang masih kurang variasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran animasi berbantu powtoon pada pembelajaran bahasa Indonesia materi puisi dan melihat kelayakannya. Pengembangan produk pada penelitian ini menggunakan model pengembangan pembelajaran4-D. Model pengembangan 4-D dikembangkan oleh Thagarajan dkk, dimana model ini terdiri dari empat tahapan utama mulai dari pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan(develop), dan penyebaran (disseminate) (Trianto, 2017:82). Metodedan model ini dipilih karena bertujuan untuk menghasilkan produk media animasi berbantu powtoon pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dari uji coba adalah guru KelasIV yang berada di UPT SD Negeri 18 Lalang dengan materi Puisi. Objek dalam penelitian ini adalah media Animasi yang berbantu Powtoon.Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media Animasi berbantu powtoon melalui validasi ahli materi, ahli media dan tanggapan guru. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pada validasi ahli materi dan media yang dilakukan dalam dua tahap dengan satu kali revisi, media Animasi berbantu powtoon pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dinyatakan baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di UPT SD Negeri18 Lalang. Hal ini dapat dibuktikan dengan penilaian yang diperoleh dari produk awal dengan produk revisi mengalami kenaikkan penilaian. Dengan demikian penggunaan media animasi mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa dan menjadi inovasi pembelajaran bagi siswa.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 30 PGSD 2023en_US
dc.subjectPengembangan Mediaen_US
dc.subjectMedia Animasien_US
dc.subjectPowtoonen_US
dc.subjectPuisien_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBANTU POWTOON PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK428.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB 139.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB 2806.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB 339.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB 43.54 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB 535.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA.docxBIODATA245.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER41.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI38.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA37.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN2.4 MBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLembar Pengesahan223.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.