Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2767
Title: | PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI TERHADAP PENINGKATAN ETOS KERJA GURU DI SMP SWADAYA SUMBEREJO PAGAR MERBAU DELI SERDANG |
Authors: | Toni Hidayat, (Pembimbing) Dewi, Fajar Fransiska |
Keywords: | Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Insani Etos Kerja |
Issue Date: | 4-Oct-2022 |
Publisher: | FE UMN AL-WASHLIYAH 14 MAN 2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Insani Terhadap Peningkatan Etos Kerja Guru Di SMP Swadaya Sumberejo Merbau Deli Serdang. Jumlah sampel dalam penelitian ini 50 guru SMP Swadaya Sumberejo Merbau Deli Serdang. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Data diolah menggunakan SPSS 20.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis Regresi Linear berganda, uji simultan, uji parsial dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis regresi linear berganda variabel pelatihan (X1) sebesar 3.938 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.677. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 3.938>1.677. Kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X1 memiliki kontribusi terhadap Y. Variabel Pengembangan Sumber Daya Insani (X2) sebesar 4.075 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.677. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 4.075 >1.677. Kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X2 memiliki kontribusi terhadap Y. Nilai f hitung adalah 177.442 dengan tingkat sig 0,000 oleh karena itu nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 177.442>F tabel 2.80 hal ini menunjukkan bahwan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1, dan X2 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Y. Nilai R menunjukkan korelasi berganda, yaitu pelatihan (X1) dan sumber daya insani (X2) berpengaruh terhadap peningkatan etos kerja sebesar 0.940 atau 41.0%. Artinya hubungannya erat, semakin besar R berarti hubungannya semakin erat. Nilai R square (R2) atau kuadrat R menunjukkan koefisien determinasi adalah sebesar 0.883, artinya persentase pelatihan (X1) dan sumber daya insani (X2) terhadap peningkatan etos kerja sebesar 88.3% sedangkan sisanya sebesar 11.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2767 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
a. Cover.doc | COVER | 114.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
b. Lembar Pengesahan.doc | LEMBAR PENGESAHAN | 280 kB | Microsoft Word | View/Open |
c. KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 179 kB | Microsoft Word | View/Open |
d. DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 53 kB | Microsoft Word | View/Open |
e. Abstrak.doc | ABSTRAK | 432 kB | Microsoft Word | View/Open |
f. BAB I.doc Restricted Access | BAB 1 | 101 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
g. BAB II.doc Restricted Access | BAB 2 | 134 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
h. BAB III.doc Restricted Access | BAB 3 | 134.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
i. BAB IV.doc Restricted Access | BAB 4 | 540.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
j. BAB V.doc Restricted Access | BAB 5 | 50.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
k. DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 47.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
l. Lampiran.doc | LAMPIRAN | 916.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
m. Biodata Mahasiswa.doc | BIODATA MAHASISWA | 263 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.