Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2811
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAhmad Landong-
dc.contributor.authorRahmi, Latifa-
dc.date.accessioned2023-06-19T02:21:59Z-
dc.date.available2023-06-19T02:21:59Z-
dc.date.issued2022-12-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2811-
dc.description.abstractPenilitian ini bertujuan Untuk mengetahui hasil belajar pada tema perkembangan teknologi siswa kelas III yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning serta Untuk menguji pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada tema perkembangan teknologi siswa kelas III. Populasi penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas III SD yang berjumlah 58 orang yang terdiridari 2 kelas III A dan III B. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang dikembangkan karena adanya kesulitan dalam mendapatkan kelompok kontrol yang dapat berfungsi sepenuhnya di dalam mengontrol variabel-variabelluar yang dapat mempengaruhi eksperimen.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (pbl) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa padamatapelajaran tematiktema perkembangan teknologi di kelas III SD Negeri 101731 Kp. Lalang tahun pelajaran 2021/2022”. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan rumus t-tes sampel independen, diperoleh nilai thitung = 2,43 dan nilai ttabel = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel = 2,43 > 2,04, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tema perkembangan teknologi siswa kelas III SD NEGERI 101731 KP. LALANG Begitu juga dapat dilihat pada perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen 68,33 dan kelas kontrol 59,56, sehingga dapat dilihat pengaruhnya pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 37 PGSD 2023en_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectPBLen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS III SD NEGERI 101731 KP. LALANGen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK294.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB 129.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB 267.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB 370.7 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB 445.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB 519.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBiodata mahasiswa199.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER79.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI19.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA18.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR230.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN573.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI187.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.