Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3107
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Simatupang, Nisa Azkiah | - |
dc.contributor.author | Napitupulu, Safrida (pembibing) | - |
dc.contributor.author | 191434138 | - |
dc.date.accessioned | 2023-09-05T01:59:48Z | - |
dc.date.available | 2023-09-05T01:59:48Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-11 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3107 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis Articulate Storyline 3 pada Tema 5 Pahlawanku, mengetahui kelayakan dan minat siswa kelas IV di SD Negeri 115486 Ujung Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), danEvaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahlidesain media, ahlimateri, ahlipembelajaran (guru) dansiswakelas IVSekolahDasar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji valid itasahli materi, ahli desain media, tanggapan guru, dan respon siswa. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu72% termasuk kategori valid/baik. Hasil validasi oleh ahli desain media yaitu66% termasuk kategori valid/baik. Hasil validasi dari tanggapan guru kelas IVyaitu72,5% termasuk kategori sangat valid/baik, sedangkan untuk respon siswa yaitu85% termasuk kategori sangat valid/baik. Berdasarkan hasil presentase dari ahli materi, ahli desain media, tanggapan guru dan respon siswa tersebut, kemu dian dihitung rata-ratanya diperoleh hasil 86,2% termasuk dalam kategori sangat baik/sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan kelayakan media dari masukan para ahli materi yaitu dosen, ahli media yaitu dosen dan ahli pembelajaran yaitu respon guru kelas IV, serta respon siswa terhadap media pembelajaran. Dari data hasil validasi tersebut, maka pengembangan media Articulate Storyline materi Perjuangan Para Pahlawan yang di kembangkan peneliti dinyatakan Sangat Layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 63 PGSD 2023 | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Articulate Storyline 3 | en_US |
dc.subject | Minat Belajar | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASISARTICULATE STORYLINE 3 TEMA 5 PAHLAWANKU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DIKELAS IV SD | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 113.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 27.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 2.82 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 54.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 1.1 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 20.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 53.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 186.46 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 23.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 25.09 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGETAR | 107.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 847.12 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN.docx | 355.1 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.