Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3131
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiregar, Annisa Nurul Sobi-
dc.contributor.authorPulungan, Rosmilan (pembibing)-
dc.date.accessioned2023-09-11T02:15:57Z-
dc.date.available2023-09-11T02:15:57Z-
dc.date.issued2022-11-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3131-
dc.description.abstractBahasa merupakan salah satu pilar penting dalam Pendidikan. Mengetahui dan menerapkan prinsip-prinsip kesopanan dan strategi-strategi kesopanan berbahasa dalam lingkungan sehari-hari dapat menciptakan kerukunan hidup bermasyarakat. Proses pembelajaran merupakan interaksi antara Guru dan Siswa yang mengantarkan siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar. Suasana pembelajaran di kelas masih sering tidak sesuai dengan harapan. Hal itu dapat disebabkan oleh interaksi guru dan siswa yang kurang tepat. Interaksi tersebut meliputi cara guru berbahasa dalam menyampaikan materi dan bagaimana respon siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa guru dan siswa serta faktor-faktor yang mendukung kesantunan tersebut dalam konteks pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan fenomena atau gejala yang terjadi di sekitar yang dapat dilihat. Populasi sebanyak 120 siswa dan sampel 60 siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan dapat digambarkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru haruslah berdasarkan kaidah dan tata cara penyampaian yang santun, baik isi, bahasa, cara menyampaikan, maupun mimik dan gerak geriknya. Siswa dalam mengikuti pembelajaran supaya menjaga sikap dengan baik, dan tutur kata yang santun baik kepada sesama teman, maupun kepada guru. Kunci kesuksesan dalam pembelajaran adalah kesepahaman antara guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran yakni dengan menggunakan sikap dan tutur kata yang santun.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 20 PEND. B.IND 2023en_US
dc.subjectBahasaen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectTuturan Kesantunanen_US
dc.titleAnalisis Kesantuanan Dalam Interaksi Antara Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasaen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
a. Cover.docCOVER99 kBMicrosoft WordView/Open
b. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.docLEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI111 kBMicrosoft WordView/Open
c. KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR124 kBMicrosoft WordView/Open
d. DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI36 kBMicrosoft WordView/Open
e. ABSTRAK.docABSTRAK161.5 kBMicrosoft WordView/Open
f. BAB I.doc
  Restricted Access
BAB I47 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
g. BAB II.doc
  Restricted Access
BAB II161.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
h. BAB III.doc
  Restricted Access
BAB III63.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
i. BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV133.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
j. BAB V.doc
  Restricted Access
BAB V58 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
k. DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA61 kBMicrosoft WordView/Open
l. Lampiran.doc
  Restricted Access
LAMPIRAN302 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
m. Biodata Mahasiswa.docBIODATA MAHASISWA134.5 kBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.