Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3135
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Anggraini, Indah 191424030 | - |
dc.contributor.author | Rangkuti, Darajat (pembibing) | - |
dc.date.accessioned | 2023-09-11T03:05:53Z | - |
dc.date.available | 2023-09-11T03:05:53Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-18 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3135 | - |
dc.description.abstract | Berdasarkanh asil observasi di TK MADANI Lubuk Pakam dapat dikatakan bahwa kemampuan kognitifanak masih kurang berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang lebih efektif penggunaan media maze dari pada penggunaan media pohon angka terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK MADANI Lubuk Pakam T.A 2022-2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan pendekatan control group pre-test posttest. Desain pararel digunakan untuk membandingkan antar dua kelompok (group comparison) independen yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Populasi untuk mengenal kemampuan anak yaitu 40 anak dari 4 indikator.Dan sampel penelitian adalah siswa kelompok B TK MADANI Lubuk Pakam yaitu kelas sentra alam 20 anakdankelassentraseni 20 anak.Nilai rata-rata sebelummenggunakan media maze yaitu 7,05, dan media pohon angka yaitu 7, nilai rata-rata sesudah menggunakan media maze yaitu 14,35 dan media pohon angka 12,45. Teknik analisis data menggunakan uji statistik yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan juga uji hipotesis dengan menggunakan uji T. Sesuai hasil penelitian yang diperolehT hitung = 1,91 kemudian dibandingkan hargaT tabel pada dk = (n1 + n2) – 2 = (20 + 20) – 2 = 38 dari taraf signifikan 5% (α = 0,05) terdapat dalam daftar distribusi Ttabel adalah 1,68. Maka dengan membandingkan antaraT hitung danT tabel diperolehT hitung>T tabel maka H0 ditolak dan H a diterima yaitu 1,91> 1,68. Dengan hargaT hitung>T tabel hal ini menandakan bahwa terdapat perbedaan skor hasil post test antara media maze dan media pohon angka. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dengan menggunakan media maze lebih efektif dari pada menggunakan media pohon angka pada anak usia 5-6 tahun di TK MADANI Lubuk Pakam. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 11 PG-PAUD 2023 | en_US |
dc.subject | Kemampuan Kognitif | en_US |
dc.subject | Media Maze | en_US |
dc.subject | Media Pohon Angka | en_US |
dc.title | PENERAPAN MEDIA MAZE DAN POHON ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA5-6 TAHUN DI TK MADANI LUBUK PAKAM T.A 2022-2023 | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 136.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx | BAB I | 27.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB II.docx | BAB II | 233.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB III.docx | BAB III | 46.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB IV.docx | BAB IV | 132.46 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 284.03 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 22.88 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 25.09 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 21.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGETAR | 36.27 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KESIMPULAN DAN SARAN.docx | KESIMPULAN DAN SARAN | 22.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 2.17 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 214.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.