Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3135
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnggraini, Indah 191424030-
dc.contributor.authorRangkuti, Darajat (pembibing)-
dc.date.accessioned2023-09-11T03:05:53Z-
dc.date.available2023-09-11T03:05:53Z-
dc.date.issued2023-07-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3135-
dc.description.abstractBerdasarkanh asil observasi di TK MADANI Lubuk Pakam dapat dikatakan bahwa kemampuan kognitifanak masih kurang berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang lebih efektif penggunaan media maze dari pada penggunaan media pohon angka terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK MADANI Lubuk Pakam T.A 2022-2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan pendekatan control group pre-test posttest. Desain pararel digunakan untuk membandingkan antar dua kelompok (group comparison) independen yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Populasi untuk mengenal kemampuan anak yaitu 40 anak dari 4 indikator.Dan sampel penelitian adalah siswa kelompok B TK MADANI Lubuk Pakam yaitu kelas sentra alam 20 anakdankelassentraseni 20 anak.Nilai rata-rata sebelummenggunakan media maze yaitu 7,05, dan media pohon angka yaitu 7, nilai rata-rata sesudah menggunakan media maze yaitu 14,35 dan media pohon angka 12,45. Teknik analisis data menggunakan uji statistik yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan juga uji hipotesis dengan menggunakan uji T. Sesuai hasil penelitian yang diperolehT hitung = 1,91 kemudian dibandingkan hargaT tabel pada dk = (n1 + n2) – 2 = (20 + 20) – 2 = 38 dari taraf signifikan 5% (α = 0,05) terdapat dalam daftar distribusi Ttabel adalah 1,68. Maka dengan membandingkan antaraT hitung danT tabel diperolehT hitung>T tabel maka H0 ditolak dan H a diterima yaitu 1,91> 1,68. Dengan hargaT hitung>T tabel hal ini menandakan bahwa terdapat perbedaan skor hasil post test antara media maze dan media pohon angka. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dengan menggunakan media maze lebih efektif dari pada menggunakan media pohon angka pada anak usia 5-6 tahun di TK MADANI Lubuk Pakam.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 11 PG-PAUD 2023en_US
dc.subjectKemampuan Kognitifen_US
dc.subjectMedia Mazeen_US
dc.subjectMedia Pohon Angkaen_US
dc.titlePENERAPAN MEDIA MAZE DAN POHON ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA5-6 TAHUN DI TK MADANI LUBUK PAKAM T.A 2022-2023en_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK136.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I27.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II233.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III46.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV132.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA284.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER22.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI25.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA21.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR36.27 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KESIMPULAN DAN SARAN.docxKESIMPULAN DAN SARAN22.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN2.17 MBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN214.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.