Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3180
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMawarni, Lisa-
dc.contributor.authorHidayat (pembibing)-
dc.date.accessioned2023-10-16T01:50:29Z-
dc.date.available2023-10-16T01:50:29Z-
dc.date.issued2023-01-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3180-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 MTs. TPI Medan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yaitu siklus pertama terdiri atas 2 kali pertemuan, siklus kedua 2 kali pertemuan dan siklus ketiga 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, tessiklus, angket respon siswa, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa kelas VIII-1 MTs. TPI Medan mengalami peningkatkan dari siklus I, siklus II dansiklus III. Hal iniditunjukkan oleh 29 siswa atau 96,66% mengalami peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis berdasarkan skor total aspek kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. Persentase rata-rata nilai tes mengalami peningkatan dari 46,58% pada siklus I menjadi 55,86% pada siklus II dan menjadi 83,14% pada siklus III kategori tinggi. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan model PBL sudah baik dan sesuai dengan karakteristik PBL. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata keterlaksanaan dari 85,71% pada siklus I menjadi 92,86% pada siklus II dan menjadi 100% pada siklus III. Berdasarkan hasil wawancara dan data hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika berkaitan dengan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis, serta mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II dansiklus III.en_US
dc.publisherFKIP UMN AL WASHLIYAH 12 PEND. MM 2023en_US
dc.subjectKemampuan Penalaranen_US
dc.subjectKomunikasi Matematisen_US
dc.subjectModel PBLen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)en_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN328.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN2.41 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR232.89 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA23.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI25.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER171.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA526.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V23.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV503.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III.docx525.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II59.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I24.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
ABSTRAK.docxABSTRAK430.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.