Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3201
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Putri, Novarinda Eriza | - |
dc.contributor.author | Mujib, Abdul (pembibing) | - |
dc.date.accessioned | 2023-10-20T03:44:41Z | - |
dc.date.available | 2023-10-20T03:44:41Z | - |
dc.date.issued | 2022-11-08 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3201 | - |
dc.description.abstract | Geometr imerupakan bagian dari materi matematika yang berhubungan dengan titik-titik yang dapat membentuk sebuah garis, lalu garis tersebut menjadi bidang lalu membantuk sebuah bidang poligon alhi ngga menjadi sebuah bentuk tiga dimensi.Geo metri merupakan mat pelajaran yang sudah akrab dengan siswa dari sebelum masuk sekolah. Namun data dilapangan menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa masih rendah. Van Hiele menyatakan terdapat 5 tingkatan berpikir geometri yakni :visualisasi (level 0), analisis (level 1), deduksi informal (level 2), deduksi (level 3), danrigor (level 4). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir geometri pada siswa SMP Swasta Singosari Deli tua berdasarkan teori Van Hiele.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Swasta Singosari Deli tua tahun ajaran 2022/2023.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri pada siswa kelas IX SMP berdasarkan teori Van Hiele pada materi geometri berada pada tingkat visualisasi.Pada tingkat visualisasi subjek sudah mampu dalam mengidentifikasi dan beroperasi dengan bangun datar segi empat dan bangun datar geometri lainnya (misalnyagaris, sudut, garis berpotongan) berdasarkan tampilannya.Sedangkan pada tingkatan alisis subjek sudah mampu dalam menganalisis bangun datar segi empat dalam hal komponen dan hubungan antar komponen, menetapkan sifat dari kumpulan bangun datar segi empat secara empiris, dan menggunakan sifat untuk menyelesaikan masalah.Dan pada tingkat deduksi informal subjek belum mampu dalam merumuskandan menggunakandefinisi, memberi argument informal yang menjadi penemuan sifat sebelumnya, dan mengikuti dan memberi argument deduktif. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN AL WASHLIYAH 14 PEND. MM 2023 | en_US |
dc.subject | berpikir matematis | en_US |
dc.subject | ingkat berpikir geometri | en_US |
dc.subject | geometri van Hiele | en_US |
dc.title | ANALISIS TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MENURUT TEORI VAN HIELE | en_US |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 413.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 61.45 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 795.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 35.01 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 3.99 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 32.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 322.11 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 159.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 23.47 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 28.75 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGETAR | 390.61 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 367.09 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN | 279.24 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.