Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3201
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutri, Novarinda Eriza-
dc.contributor.authorMujib, Abdul (pembibing)-
dc.date.accessioned2023-10-20T03:44:41Z-
dc.date.available2023-10-20T03:44:41Z-
dc.date.issued2022-11-08-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3201-
dc.description.abstractGeometr imerupakan bagian dari materi matematika yang berhubungan dengan titik-titik yang dapat membentuk sebuah garis, lalu garis tersebut menjadi bidang lalu membantuk sebuah bidang poligon alhi ngga menjadi sebuah bentuk tiga dimensi.Geo metri merupakan mat pelajaran yang sudah akrab dengan siswa dari sebelum masuk sekolah. Namun data dilapangan menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa masih rendah. Van Hiele menyatakan terdapat 5 tingkatan berpikir geometri yakni :visualisasi (level 0), analisis (level 1), deduksi informal (level 2), deduksi (level 3), danrigor (level 4). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir geometri pada siswa SMP Swasta Singosari Deli tua berdasarkan teori Van Hiele.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Swasta Singosari Deli tua tahun ajaran 2022/2023.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri pada siswa kelas IX SMP berdasarkan teori Van Hiele pada materi geometri berada pada tingkat visualisasi.Pada tingkat visualisasi subjek sudah mampu dalam mengidentifikasi dan beroperasi dengan bangun datar segi empat dan bangun datar geometri lainnya (misalnyagaris, sudut, garis berpotongan) berdasarkan tampilannya.Sedangkan pada tingkatan alisis subjek sudah mampu dalam menganalisis bangun datar segi empat dalam hal komponen dan hubungan antar komponen, menetapkan sifat dari kumpulan bangun datar segi empat secara empiris, dan menggunakan sifat untuk menyelesaikan masalah.Dan pada tingkat deduksi informal subjek belum mampu dalam merumuskandan menggunakandefinisi, memberi argument informal yang menjadi penemuan sifat sebelumnya, dan mengikuti dan memberi argument deduktif.en_US
dc.publisherFKIP UMN AL WASHLIYAH 14 PEND. MM 2023en_US
dc.subjectberpikir matematisen_US
dc.subjectingkat berpikir geometrien_US
dc.subjectgeometri van Hieleen_US
dc.titleANALISIS TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MENURUT TEORI VAN HIELEen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK413.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I61.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II795.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III35.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV3.99 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V32.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA322.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER159.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI23.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA28.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR390.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN367.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN279.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.