Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3205
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Khoiry, Muhammad | - |
dc.contributor.author | Nurmairina (Pembibing) | - |
dc.date.accessioned | 2023-10-20T07:27:18Z | - |
dc.date.available | 2023-10-20T07:27:18Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-18 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3205 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setelah adanya media mistery box yang digunakaan pada pembelajaran tema 2 terhadap hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 106184 Lubuk Pakam, khususnya pada tema 2 subtema 2 pembelajaran 5. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan bentuk design nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 40 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dua kelas dari kelas III, yaitu kelas IIIA dan IIIB. Dari dua kelas tersebut, kelas IIIA dikelompokkan menjadi kelas eksperimen (20 siswa) dan kelas IIIB dikelompokkan menjadi kelas kontrol (20 siswa). Kelas eksperimen menerapkan media mistery box dan kelas kontrol menerapkan buku paket tema 2. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data yang dikumpulkan adalah pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil perhitungan uji t kelompok terpisah pada saat posttest menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol, karena thitung = 5,12 lebih besar dari pada ttabel = 1,68 (thitung > ttabel). Hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil membuktikan bahwa media mistery box lebih efektif dari pada buku paket, serta memberikan pengaruh yang signifikan penggunaan media mistery box terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 kelas III di SD Negeri 106184 Lubuk Pakam, yaitu sebesar 11 (Z=87,5–76,5 =11). Hal tersebut menunjukkan bahwa media mistery box memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas III pada Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 73 PGSD 2023 | en_US |
dc.subject | media mistery box | en_US |
dc.subject | pembelajaran Tematik | en_US |
dc.subject | hasil belajar siswa | en_US |
dc.title | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MISTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN DI KELAS III SD NEGERI 106184 LUBUK PAKAM | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
a. Cover.doc | COVER | 41.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
b. Lembar Pengesahan.doc | LEMBAR PENGESAHAN | 382.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
c. KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 354 kB | Microsoft Word | View/Open |
d. DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 40.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
e. ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 688.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
f. BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 41.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
g. BAB II.doc Restricted Access | BAB II | 105.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
h. BAB III.doc Restricted Access | BAB III | 349.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
i. BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 293 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
j. BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 107.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
k. DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 59.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
l. Lampiran.doc Restricted Access | LAMPIRAN | 2.88 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
m. Biodata Mahasiswa.doc | BIODATA MAHASISWA | 1.06 MB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.