Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3232
Title: PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 068074 MEDAN
Other Titles: TESIS
Authors: Naimah, Jainatun
Kartolo. Rahmat
Keywords: Penelitian dan Pengembangan
Buku Bergambar
Pemerolehan Bahasa
Issue Date: 22-Jun-2023
Publisher: PASCASARJANA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA 11 2023 PPS PEND.IND
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pemerolehan bahasa Indonesia dengan media buku bergambar pada anak SD; 2) mendeskripsikan pengembangan buku bergambar yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa SD. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau yang disebut research and development (R&D). Sumber data penelitian adalah guru, orang tua dan siswa kelas I SD Negeri 068074 Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kualitatif dan kuantitatif Hasil pemerolehan bahasa Indonesia anak SD terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pralinguistik, tahap satu kata, tahap dua kata, dan tahap banyak kata. Pengembangan buku bergambar pada penelitian melalui tahapan pengumpulan informasi dan diketahui adanya permasalahan dalam mengembangkan pemerolehan bahasa anak akibat keterbatasan buku dan juga kompetensi guru dalam mengajar. Tahap selanjutnya dilakukan penyusunan instrumen dan dilanjutkan dengan validasi instrumen yang telah disusun didapatkan hasil bahwa instrumen layak untuk digunakan. Tahap selanjutnya dilakukan pengembangan desain buku yaitu buku panduan guru dan buku siswa. Hasil validasi ahli pada produk didapatkan hasil rata-rata skor penilaian terhadap produk buku panduan guru dan buku siswa yaitu 3,98, sehingga buku yang dikembangkan layak digunakan tanpa revisi. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba produk didapatkan hasil penilaian buku panduan guru mendapat skor 3,93 dengan kategori “sangat baik” dan buku siswa mendapat skor 3,96 dengan kategori “sangat baik”. Penelitian ini menghasilkan produk akhir berupa buku bergambar dilengkapi dengan buku panduan guru untuk satu tahun, buku siswa semester satu dan dua.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3232
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRACT ENGLISH.docxABSTRAK ING480.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK INDO.docxABSTRAK INDO14.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I28.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II52.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III53.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV2.98 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V17.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA JAINATUN.docxBIODATA265.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER JAINATUN.docxCOVER620.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI17.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA18.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR14.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PERSETUJUAN.docxLEMBAR PERSETUJUAN292.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.