Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/325
Title: | efektivitas model pembelajaran information search (IS) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia (kajian membaca) di kelas VII-B MTs Al Hidayah Adolina |
Authors: | Putri juwita, S.Pd.,M.Pd ( PEMBIMBING ) FRANSISKA, CITRA |
Keywords: | Efektivitas Information Search Hasil Belajar |
Issue Date: | 6-Jul-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 19 PEND.BIND 2021 |
Abstract: | Pendidikan merupakan suatu pengajaran yang diajarkan oleh guru kepada peserta didik dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan yang ada pada diri peserta didik supaya memiliki kepribadian spiritual, dan kecerdasan yang baik, lewat proses belajar yang baik dan teratur. Pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan memperoleh dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif. Proses kegiatan pembelajaran di MTs Al Hidayah Adolina masih berpusat pada guru, peserta didik kurang berperan aktif saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebutmakapeneliti menggunakan ModelpembelajaranInformation Search (IS) yang menekankan peserta didik untuk lebih aktif, dan mengembangkan pengetahuan dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas (PTK) yang terdiridariduavariabeldanduasiklus. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia di kelas VII-B MTs Al Hidayah Adolina Perbaungan. Hal ini terlihat dari kurang mampunya siswa menyelesaikan soal dan kurangnya minat siswa untuk belajar bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran information serach(IS)di kelas VII-B MTs Al Hidayah Adolina Perbaungan. Adapun peningkatan hasil belajar tersebut dilihat berdasarkan tingkat ketuntasan belajar siswa terhadap kajian membaca.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data skala sikap siswa siklus I tergolong kurang baiksebanyak17 siswa, siklus II tergolong sangat baik sebanyak26 siswadari 30 siswa. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I sampai siklus II, dengan rata-rata tes hasil belajar siklus I sebesar 67,3 (13 siswa), dan siklus II sebesar 78,77 (24 siswa) dengan jumlah siswa kelas VII-B sebanyak 30 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Information Search (IS)di kelas VII-B MTs Al Hidayah Adolina Perbaungan. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/325 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 96.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 17.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 22.32 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 18.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 17.23 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 24.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 35.33 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 71.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 33.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 16.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 16.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran A.docx | LAMPIRAN | 32.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.