Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3429
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Saragi, Sofia Mahliza | - |
dc.contributor.author | 191434121 | - |
dc.contributor.author | Napitupulu, Safrida | - |
dc.date.accessioned | 2023-12-11T08:15:37Z | - |
dc.date.available | 2023-12-11T08:15:37Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-18 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3429 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kemampuan Siswa dalam Proses Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode STEAM pada Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 101931 Perbaungan. Penelitian ini bersifat kualitatif.. Partisipan dalam penelitian ini adalah 19 guru dan 18 siswa Kelas IV SD Negeri 101931 Perbaungan sebanyak 28. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), yang dilakukan secara terus-menerus. Berdasarkan hasil penelitian dari sebaran kuesioner untuk penggunaan metode pembelajaran STEAM yang disebar ke guru, diketahui bahwa guru yang menyatakan sangat setuju pada seluruh pernyataan ada 10 orang atau 52.6%. Guru yang menjawab setuju sebanyak 4 orang atau 21.1%. Guru yang menjawab tidak setuju sebanyak 1 orang atau 5.3% dan guru yang menjawab sangat tidak setuju ada 4 orang atau 21.1%. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran STEAM sangat perlu untuk diterapkan karena memiliki dampak yang baik bagi siswa. Berdasarkan penelitian juga diketahui bahwa kemampuan siswa dalam proses belajar mengajar dengan metode STEAM sudah efektif. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang menjawab sangat setuju dan setuju dari angket yang diberikan. Adapun siswa yang menyatakan sangat setuju pada seluruh pernyataan yang diberikan ada 6 orang atau 33.3%. Siswa yang menjawab setuju sebanyak 8 orang atau 44.4% dan guru yang menjawab tidak setuju ada 4 orang atau 22.2%. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa sudah mampu untuk melakukan proses belajar dengan metode pembelajaran STEAM. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 95 PGSD 2023 | en_US |
dc.subject | Metode Pembelajaran STEAM | en_US |
dc.subject | Kemampuan Siswa | en_US |
dc.title | ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUINAKAN METODE STEAM PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 101931 PERBAUNGAN | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 486.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 23.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 55.01 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 24.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 308.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 22.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 232.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 83.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 31.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 26.23 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 277.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 83.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI | 261.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.