Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3429
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSaragi, Sofia Mahliza-
dc.contributor.author191434121-
dc.contributor.authorNapitupulu, Safrida-
dc.date.accessioned2023-12-11T08:15:37Z-
dc.date.available2023-12-11T08:15:37Z-
dc.date.issued2023-07-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3429-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kemampuan Siswa dalam Proses Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode STEAM pada Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 101931 Perbaungan. Penelitian ini bersifat kualitatif.. Partisipan dalam penelitian ini adalah 19 guru dan 18 siswa Kelas IV SD Negeri 101931 Perbaungan sebanyak 28. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), yang dilakukan secara terus-menerus. Berdasarkan hasil penelitian dari sebaran kuesioner untuk penggunaan metode pembelajaran STEAM yang disebar ke guru, diketahui bahwa guru yang menyatakan sangat setuju pada seluruh pernyataan ada 10 orang atau 52.6%. Guru yang menjawab setuju sebanyak 4 orang atau 21.1%. Guru yang menjawab tidak setuju sebanyak 1 orang atau 5.3% dan guru yang menjawab sangat tidak setuju ada 4 orang atau 21.1%. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran STEAM sangat perlu untuk diterapkan karena memiliki dampak yang baik bagi siswa. Berdasarkan penelitian juga diketahui bahwa kemampuan siswa dalam proses belajar mengajar dengan metode STEAM sudah efektif. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang menjawab sangat setuju dan setuju dari angket yang diberikan. Adapun siswa yang menyatakan sangat setuju pada seluruh pernyataan yang diberikan ada 6 orang atau 33.3%. Siswa yang menjawab setuju sebanyak 8 orang atau 44.4% dan guru yang menjawab tidak setuju ada 4 orang atau 22.2%. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa sudah mampu untuk melakukan proses belajar dengan metode pembelajaran STEAM.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 95 PGSD 2023en_US
dc.subjectMetode Pembelajaran STEAMen_US
dc.subjectKemampuan Siswaen_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUINAKAN METODE STEAM PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 101931 PERBAUNGANen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK486.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I23.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II55.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III24.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV308.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V22.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA232.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER83.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI31.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA26.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR277.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN83.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI261.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.