Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3438
Title: STRATEGI PEMASARAN UDANG VANAME (Studi Kasus : Pengusaha Tambak Udang Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai
Authors: Hawari, Hasnul Hafizd
194114029
Handayani, Leni
Keywords: Strategi
Pemasaran
Udang Vannamei
SWOT
Issue Date: 18-Jul-2023
Publisher: Pertanian UMN AW 20 2023 FP AGB
Abstract: Udang Vaname merupakan salah satu udang yang mempunyai nilai ekonomis dan merupakan jenis udang alternatif yang dapat dibudidayakan di Indonesia. Fokus penelitian ini adalah Apasaja faktor-faktor eksternal dan internal yang dapat digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pemasaran udang Vanamei dan Strategi apa yang dapat direkomendasikan dalam pemasaran udang Vanamei di daerah penelitian .Untuk menguji hipotesis yaitu Terdapat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada pemasaran udang Vanamei dan Terdapat strategi pemasaran udang Vanamei di daerah penelitian. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa faktor Internal dan Eksternal yang menjadi strategi pemasaran udang Vannamei adalah. Pemberdayaan kelembagaan. Pentingnya dukungan Pemerintah dalam hal ini Dinas Perikanan dalam penyediaan pakan dan pupuk dalam menunjang peningkatan hasil panen. Penerapan Biosecurity guna memperkecil serangan hama dan penyakit. Kerjasama antar pelaku usaha pembudidaya udang Vaname yang terjalin cukup baik dan saling bantu membantu antar pembudidaya. Memanfaatkan teknologi berupa internet dan media social lainnya dalam mencari informasi mengenai budidaya maupun pasar dari udang Vaname. Melakukan pendekatan terhadap Masyarakat terutama kaum milenial agar dapat turut berpartisispasi dalam berwirausaha, dalam hal ini usaha budidaya udang Vanamei. Melakukan penjualan langsung dengan konsumen atau dengan kata lain memperpendek rantai tataniaga dari produsen ke konsumen sehingga pembudidaya memperoleh keuntungan yang lebih besar. Berdasarkan diagram analisi SWOT yang menjelaskan tentang factor eksternal dan faktor internal berada dalam sel (kuadran) I menunjukkan strategi SO yaitu memasarkan udang dengan memperhitungkan biaya produksi dan melihat harga pasar. Bekerjasama dengan pelanggan potensial. Meningkatkan penggunaan teknologi dalam Upaya meningkatkan produksi dan dalam matriks SWOT yaitu mendukung strategi agresif. Strategi ini menerangkan bahwa strategi yang sangat menguntungkan bagi usaha karena memiliki peluang dan kekuatan dalam kemajuan usaha khususnya Usaha Tambak Udang Vanamei di Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3438
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
001. Cover.docxCOVER278.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
002. Lembar Pengesahan.docxLEMBAR PENGESAHAN464.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
003. ABSTRAK.docxABSTRAK179.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open
004. KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR32.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open
005. DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI24.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open
006. BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I34.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
007. BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II90.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
008. BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III64.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
009. BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV83.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
010. BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V21.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
011. DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA20.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
012. DAFTAR LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN41.76 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
013. BIODATA PENELITI.docxBIODATA46.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Hasnul Lengkap.docx
  Restricted Access
Hasnul Lengkap1.23 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.