Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/345
Title: | PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS IKHTISAR CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA NURUL AMALIYAH TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2020-2021 |
Authors: | Putri Juwita, S.Pd., M.Pd. ( PEMBIMBING ) SINAGA, AMELIA ENDAYU SYAHPUTRI |
Keywords: | Video animasi Kemampuan Ikhtisar cerpen |
Issue Date: | 27-Jul-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 39 PEND.BIND 2021 |
Abstract: | Kemampuan menulis sangat dibutuhkan bagi siswa untuk menuangkan segala sesuatu yang sedang mereka ketahui dan pelajari, hal ini mengandung seberapa pentingnya menulis bagi kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menulis Ikhtisar Cerpen Menggunakan Video Animasi Pada Siswa Kelas XI SMK Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020–2021. Dalam penelitian ini masalah yang ditemukan berupa kemampuan siswa yang masih rendah dalam menulis ikhtisar cerpen, guru kurang menggunakan media yang bervariatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post test dan pretest sebagai acuan perbandingan hasil. Populasi penelitian ini adalah 245 siswa dari 8 kelas. Dari jumlah tersebut diambil sempel 10% menjadi 24 siswa, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu eksperimen dengan 12 siswa dan kelompok kontrol 12 siswa. Untuk sampel eksperimen maupun kontrol harus berasal dari populasi yang homogen. Teknik pengambilan sempel dilakukan secara acak. Instrumen atau alat pengumpulan data yang dilakukan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes menulis Ikhtisar Cerpen Cinta Laki-laki Biasa. Data yang terkumpul akan dianalisis secara maksimal. Dari hasil analisis data yang di ketahui bahwa perlakuanuji t yakni Nilai dari thitung dalam penelitian ini adalah -4,152 dimana ttabel adalah 1,7114 dalam standar signifikan adalah 0,05 atau 5% . Berarti –ttabel< thitung< ttabel atau -1,7114 < -4,152 < 1,7114 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini membuktikan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan memberi perlakuan dibandingkan tidak memberi perlakuan memiliki pengusaan yang positif, maka pada penelitian ini video animasi dapat memberikan pengaruh baik pada kemampuan siswa dalam menulis ikhtisar cerpen. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/345 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 54.64 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 14.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 22.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 16 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 25.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 60.3 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 31.03 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 40.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 15.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 17.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 801.27 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.