Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/360
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorUmar Darwis, S.E., M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorNURDIANA, YULI-
dc.date.accessioned2022-01-25T04:07:33Z-
dc.date.available2022-01-25T04:07:33Z-
dc.date.issued2021-08-19-
dc.identifier.other171434157-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/360-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPA materi peristiwa alam pada siswa kelas V SD Negeri 104275 Lubuk Saban. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104275 Lubuk Saban tahun ajaran 2020/2021. Populasi terdiri dari dua kelas yaitu kelas paralel dengan jumlah 38 siswa. Siswa kelas VA berjumlah 20 siswa dan VB berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunaka tes pilihan ganda dan data hasil belajar dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih besar dibanding dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata-rata nilai postest pada kelas kontrol yaitu 59,72 sedangkan rata-rata nilai postest kelas eksperimen adalah 80. Hasil uji t menunjukan nilai thitung (5,76) > ttabel (1,68) berarti hasil belajar siswa dengan menggunakan model mind mapping lebih besar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi peristiwa alam pada siswa kelas V SD Negeri 104275 Lubuk Saban.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 05 PGSD 2021en_US
dc.subjectMind Mappingen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS V SD NEFERI 104275 LUBUK SABANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER44.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN36.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI32.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR30.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK16.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I38.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II80.28 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III50.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV109.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V33.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA30.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN2.36 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.