Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/373
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONEASIA SISWA KELAS IV SDN 101870 DESA SENA |
Authors: | Beta Rapita Silalahi, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING ) AMALIA, WIDYA |
Keywords: | Media Gambar Berseri Keterampilan Berbicara |
Issue Date: | 19-Aug-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 19 PGSD 2021 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk Meengembangkan media pembelajaran gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 101870 Desa Sena. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa SDN 101870 Desa Sena. Dan sampel dalam penelitian ini adalah Kelas IV SDN 101870 dengan Jumlah 28 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tet post-test dan pre-test dan kuesioner. Teknik Analisis Data Dalam penelitian ini penulis menggunakan Uji Validitas.Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Keefektifan media pembelajaran gambar berseri dalam proses pembelajaran terbukti efektif. Hal ini terbukti dengan perbandingan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan normalized gain diperoleh hasil Dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas yaitu nilai signifikan nilai pre test yaitu 0,149 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal, dan pada nilai signifikan post test yaitu 0,200 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal. nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar tanpa media dan hasil belajar dengan menggunakan media dari data pretest dan posttest atau hal ini membuktikan bahwa penggunaan media gambar berseri sangat berpengaruh dengan peningkatan keterampilan berbicara siswa terlihat nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Tahapannya, antara lain (1) Analysis, yakni dengan melakukan observasi awal untuk mencari potensi masalah yang kemudian dicari sebuah solusi untuk mengatasinya. (2) Design, yakni membuat desain media pembelajaran berdasarkan silabus dan RPP yang ada. (3) Development, yakni tahapan produksi dengan berpedoman pada rancangan tampilan yang telah dibuat. (4) Implementation, yakni tahap uji coba produk, tahap validasi ahli, dan tahap penerapan langsung dalam pembelajaran. (5) Evaluation, yakni melakukan pretest dan posttest untuk mengetahui apakah media pembelajaran gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/373 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 52.12 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 34.65 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 37.69 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 36.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 7.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 40.11 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 166.02 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 51.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 1.37 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 39.68 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 41.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 3.69 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.