Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/381
Title: PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SATU ATAP PATUMBAK TAHUN AJARAN 2020/2021
Authors: TRIANTI, EVI
Keywords: Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua
Prestasi Belajar Siswa
Issue Date: 6-Jul-2021
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 06 BK 2021
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pendidikan formal orang tua. Bagaiamana prestasi belajar siswa. Seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua prestasi belajar siswa.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa tingkat pendidikan formal orang tua, berapa tingkat prestasi belajar siswa, dan seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 124siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling25% adalah sebanyak 30 siswa.Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Angket (kuesioner) yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket tingkat pendidikan formal orang tua, dan prestasi belajar siswa.Hasil perhitungan korelasi poroduct momentkedua variabel tingkat pendidikan formal orang tua (X) dan prestasi belajar siswa (Y) sebesar rhitung (0,870) > rtabel(0,361). Hasil penghitungan uji normalitas sebesar0,689, dengan taraf signifikan 5%N = 30 adalah 0,172 Maka Phitung > Ptabel (0,689 > 0,172). Data tersebut dinyatakan normal. Hasil penghitungan uji linearitas sebesar 8,024 dengan taraf signifikan 5% df= 30 adalah 2,92 Maka Fhitung > Ftabel (8,024 > 2,92). Dengan demikian maka dapat dinyatakan data distribusinya linear. Hasil penelitian ini menggunakan analisis uji t bahwa nilai thitung= 9,335 sedangkan ttabel = 0,361 yaitu (9,335> 0,361) sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis kerja (Ha) yang diajukan diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian dinyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/381
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover windi.docxCOVER54.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
pengesahan.docxLEMBAR PENGESAHAN110.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
daftar isi.docxDAFTAR ISI26.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open
kt.pengantar.docxKATA PENGANTAR56.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open
abstrak.docxABSTRAK197.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open
bab 1.docx
  Restricted Access
BAB I43.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
bab 2.docx
  Restricted Access
BAB II97.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
bab 3.docx
  Restricted Access
BAB III111.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
bab 4.docx
  Restricted Access
BAB IV45.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
bab 5.docx
  Restricted Access
BAB V33.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
daftar pustaka.docxDAFTAR PUSTAKA31.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lampiran.docxLAMPIRAN1.23 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.