Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4023
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | AINI, RASIDAH | - |
dc.contributor.author | 201214020 | - |
dc.contributor.author | Fatria, Fita | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-27T08:13:42Z | - |
dc.date.available | 2024-08-27T08:13:42Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4023 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan karakter adalah bagian penting dari proses pendidikan yang bertujuan untuk membentuk kepribadian yang baik dan moralitas yang tinggi pada individu. Pentingnya pendidikan karakter meningkat di era modern, di manatan tangan moral dan etika semakin kompleks.Sebagai salah satu jenis seni dan ekspresi manusia, sastra memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menyampaikan prinsip-prinsip pendidikan karakter.Sangat penting menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik, khususnyamelaluiPendidikankarkter.Pendidikankaraktermelaluikaryasastramemilikiperanpentingdalammembentukkepribadiandannilai-nilaipositifpadaindividu.Karyasastrasering kali menghadirkankonflik moral danetika yang kompleks.Melaluikarakterdanceritadalamkaryasastra, pesertadidikdapatbelajarmengenainilai-nilai moral, kejujuran, keadilan, dantanggungjawab.Inimembantumembentuklandasan moral yang kokohpadaindividu.Karyasastrasering kali mengeksplorasikonsep-konsepkompleksdanmemerlukanpemikirankritisuntukmemahaminya.Melaluianalisisterhadap plot, karakter, dantemadalamsastra, individudapatmengembangkankemampuanberpikirkritisnya, mempertajamkecerdasanemosional, danmerangsangpertimbanganetis.Kajianinijugadapatmemberikankontribusidalammemahamibagaimanasastradapatmenjadisaranaefektifuntukmenyampaikanpesan-pesan moral kepadapembaca.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifdeskriptif.Pendekataniniberfokuspadamakna, pengalaman, dankonteks yang melingkupifenomena yang diteliti.Sumber data dalampenelitianiniadalah novel “BuyaHamka” karya A. Fuadi, cetakanpertamatahun 2013 denganjumlahhalaman 364 oleh PT Falcon. Data penelitianiniberupa dialog danpaparancerita yang mengandungnilai-nilaipendidikankarakterintegritas. Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitiitusendiri.Hasildaripenelitianiniadalahnilai-nilaipendidikankarakterintegritas yang terkandungdalam novel “BuyaHamka” karya A. Fuadiyaitujujur, tanggungjawab, mandiri, sederhana, kerjakeras, berani, adil, danpeduli. | en_US |
dc.publisher | KIP UMN Al-WASHLIYAH 08 PEND. B.IND 2024 | en_US |
dc.subject | Integritas | en_US |
dc.subject | Karakter Integritas | en_US |
dc.subject | Pendidikan Karakter | en_US |
dc.title | ANALISIS NILAI–NILAI PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS DALAM NOVEL “BUYA HAMKA” KARYA A. FUADI | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 191.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 20.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 25.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 30.01 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 71.89 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 27.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 104.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 33.21 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 30.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 39.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 142.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 12.26 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 79.33 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.