Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4098
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPoniman, Hendro-
dc.contributor.author227015033-
dc.contributor.authorKartolo, Rahmat-
dc.date.accessioned2024-09-09T08:28:21Z-
dc.date.available2024-09-09T08:28:21Z-
dc.date.issued2024-07-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4098-
dc.description.abstractPermasalahan pada penelitian ini yaitu: bagaimana peningkatan kemampuan penggunaan peribahasa dalam karangan siswa kelas V SD Negeri 104189 Kota Datar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penggunaan peribahasa dalam karangan siswa kelas V SD Negeri 104189 Kota Datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 3 siklus yaitu siklus I, II dan siklus III, secara garis besar terdapat empat tahapan yang dilalui dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104189 Kota Datar yang berjumlah 39 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PAKEM yang bermateri ajar peribahasa dapat digunakan guru pada siswa kelas V SD Negeri 104189 Kota Datar, hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa untuk setiap indikator. Pada indikator pertama, terjadi peningkatan untuk kategori sangat aktif, dimana pada siklus I terdapat 4 siswa kemudian meningkatkan pada siklus II menjadi 10 siswa dan kemudian meningkat kembali pada siklus III menjadi 21 siswa. Pada indikator aktivitas siswa lainnya peningkatan terus terjadi di setiap siklus. Peningkatan kemampuan penggunaan peribahasa dalam karangan siswa kelas V SD Negeri 104189 Kota Datar terjadi secara signifikan, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan menggunakan peribahasa pada siklus I, II dan III. Dari siklus I ke siklus II rata-rata kemampuan menggunakan peribahasa meningkat dari 48,84 menjadi 69,23 naik sebesar 20,39, demikian juga dari siklus II ke siklus III meningkat dari 69,23 menjadi 75. 46 naik lagi sebesar 6,23. Secara logis dari siklus I ke siklus III naik sebesar 26,62. Demikian juga dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebesar 25,64%, jika dibandingkan dengan kriteria taraf ketuntasan belajar berada pada kriteria kurang sekali. Kemudian naik menjadi 69,23% pada siklus II. Pada siklus III ketuntasan belajar sudah mencapai 89,74%, jika dibandingkan dengan kriteria taraf ketuntasan belajar berada pada kriteria sangat baik. Keadaan ini sudah menjadi target dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 04 2024 PPS PEND.INDen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode PAKEMen_US
dc.subjectPeribahasaen_US
dc.subjectKarangan Tulisen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DALAM MENGGUNAKAN PERIBAHASA PADA KARANGAN TULIS SISWA KELAS V SD NEGERI 104189 KOTA DATAR KECAMATAN HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024en_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docABSTRAK281.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.doc
  Restricted Access
BAB I90.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB II.doc
  Restricted Access
BAB II164 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB III.doc
  Restricted Access
BAB III5.89 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV1.08 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB V.doc
  Restricted Access
BAB V74 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA113.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open
cover.docCOVER549 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI75 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA74.5 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR73.5 kBMicrosoft WordView/Open
Lampiran.doc
  Restricted Access
Lampiran4.73 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN TESIS.doc.docxTANDA PERSETUJUAN TESIS109.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.