Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4191
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRuhmaini, Yuli-
dc.contributor.author201434108-
dc.contributor.authorDestini, Rita-
dc.date.accessioned2024-09-26T03:55:55Z-
dc.date.available2024-09-26T03:55:55Z-
dc.date.issued2024-07-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4191-
dc.description.abstractBahan ajar merupakan materi ajar yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Bahan ajar yang digunakan harus memenuhi standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh sekolah. Peserta didik menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah, tugas kelompok dan tugas mandiri serta menggunakan bahan ajar yang bersumber dari buku paket yang disediakan oleh pemerintah, hal ini menyebabkan kurangnya motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis digital dengan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu: analisis, design, pengembangan, implemnetasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli bahan ajar, ahli RPP serta siswa kelas V MIS AL-AMIN sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan produk bahan ajar berbasis digital dengan model problem based learning yang dikembangkaan melalui aplikasi canva dan di peroleh nilai data validasi produk oleh validator ahli materi sebesar 91,2 dalam kategori “Sangat Praktis”, oleh validator ahli bahan ajar sebesar 93,2 dalam kategori “Sangat Praktis”, dan oleh validator ahli RPP sebesar 89,2 dalam kategori “Sangat Praktis”, Hasil angket motivasi belajar terhadap produk bahan ajar berbasis digital dengan model problem based learning yang di kembangkan dinyatakn “Sangat Praktis” dengan hasil presentase 87,06. Kesimpulan dari hasil penilaian dari validator dapat di katakan bahwa bahan ajar berbasis digital dengan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V yang di kembangkan “Sangat Valid”. Dengan demikian bahan ajar berbasis digital tepat digunakan untuk proses pembelajaran matematika.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 107 PGSD 2024en_US
dc.subjectPengembangan Bahan ajaren_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MIS AL-AMINen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK175.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I26.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II137.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III38.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV2.82 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V27.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA287.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER55.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI21.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA31.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR168.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN5.22 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI129.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.