Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4191
Title: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MIS AL-AMIN |
Authors: | Ruhmaini, Yuli 201434108 Destini, Rita |
Keywords: | Pengembangan Bahan ajar Problem Based Learning Motivasi Belajar Matematika |
Issue Date: | 9-Jul-2024 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 107 PGSD 2024 |
Abstract: | Bahan ajar merupakan materi ajar yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Bahan ajar yang digunakan harus memenuhi standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh sekolah. Peserta didik menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah, tugas kelompok dan tugas mandiri serta menggunakan bahan ajar yang bersumber dari buku paket yang disediakan oleh pemerintah, hal ini menyebabkan kurangnya motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis digital dengan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu: analisis, design, pengembangan, implemnetasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli bahan ajar, ahli RPP serta siswa kelas V MIS AL-AMIN sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan produk bahan ajar berbasis digital dengan model problem based learning yang dikembangkaan melalui aplikasi canva dan di peroleh nilai data validasi produk oleh validator ahli materi sebesar 91,2 dalam kategori “Sangat Praktis”, oleh validator ahli bahan ajar sebesar 93,2 dalam kategori “Sangat Praktis”, dan oleh validator ahli RPP sebesar 89,2 dalam kategori “Sangat Praktis”, Hasil angket motivasi belajar terhadap produk bahan ajar berbasis digital dengan model problem based learning yang di kembangkan dinyatakn “Sangat Praktis” dengan hasil presentase 87,06. Kesimpulan dari hasil penilaian dari validator dapat di katakan bahwa bahan ajar berbasis digital dengan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V yang di kembangkan “Sangat Valid”. Dengan demikian bahan ajar berbasis digital tepat digunakan untuk proses pembelajaran matematika. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4191 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 175.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 26.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 137.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 38.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 2.82 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 27.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 287.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 55.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 21.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 31.75 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 168.45 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 5.22 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI | 129.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.