Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4221
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Sardillah, Weni Putri | - |
dc.contributor.author | 201434164 | - |
dc.contributor.author | Napitupulu, Safrida | - |
dc.date.accessioned | 2024-09-27T09:13:02Z | - |
dc.date.available | 2024-09-27T09:13:02Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-23 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4221 | - |
dc.description.abstract | Permasalahan yang diangkat penulis dalam penelitian ini adalah terbatasnya penggunaan media pembelajaran dan fasilitas berbasis teknologi/digital pada pembelajaran matematika, proses pembelajaran bersifat konvensional, siswa menganggap pembelajaran matematika sulit sehingga muncul rasa bosan serta kurang motivasi yang berdampak pada aktivitas belajar menurun. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran KOMAT (komik matematika) berbasis canva, (2) menganalisis kelayakan media pembelajaran KOMAT (komik matematika) berbasis canva, (3) menganalisis respons belajar siswa kelas IV terhadap penggunaan media pembelajaran KOMAT (komik matematika) berbasis canva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahapan antara lain: tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli materi, validator ahli media, validator ahli pembelajaran yaitu guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SDN 060923. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) berbasis Canva melalui hasil penilaian dari kelayakan yang telah divalidasikan oleh ahli media melalui angket dengan jumlah 12 indikator validator memberi penilaian kategori “Iya” berjumlah 12 dan pada kategori “Tidak” berjumlah 0 yang berarti baik/layak. Hasil penilaian kelayakan yang telah divalidasikan oleh ahli materi melalui angket dengan jumlah 10 indikator validator memberi penilaian kategori “Iya” berjumlah 10 dan pada kategori “Tidak” berjumlah 0 yang berarti baik/layak. Hasil penilaian kelayakan yang telah divalidasikan oleh ahli pembelajaran melalui angket dengan jumlah 13 indikator validator memberi penilaian kategori “Iya” berjumlah 13 dan pada kategori “Tidak” berjumlah 0 yang berarti baik/layak. Aktivitas belajar peserta didik lebih aktif dan menarik setelah penerapan media pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) berbasis canva berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas belajar mendapatkan skor 92,5% dengan kriteria Sangat Layak. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) berbasis Canva dapat menjadikan aktivitas belajar siswa kelas IV di SDN 060923 lebih aktif dan menarik. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 117 PGSD 2024 | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran Komik | en_US |
dc.subject | Matematika | en_US |
dc.subject | Aktivitas Belajar | en_US |
dc.subject | Canva | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMAT (KOMIK MATEMATIKA) BERBASIS CANVA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 060923 | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 333.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 33.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 2.39 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 91.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 13.75 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 27.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 169.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 165.31 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 32.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 33.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 44.61 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 3.17 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI | 184.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.