Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4230
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO BERBANTUAN APLIKASI CAPCUT PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 106184 SEKIP TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024
Authors: Arhama, Fadhila Putri
201434045
Sutikno
Keywords: Media Pembelajaran Vidio
Aplikasi CapCut
Motivasi Belajar
Issue Date: 4-Jul-2024
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 122 PGSD 2024
Abstract: Media audiovisual memiliki suara dan gambar. Ini adalah keuntungan menggunakan media sinematisasi untuk mengapresiasi karya sastra. Siswa diminta untuk menyampaikan apresiasi mereka atas film atau sinematisasi setelah mereka menontonnya. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan diatas dan agar pelaksanaan penelitian lebih terarah sesuai dengan tujuan yang diinginkan, maka permasalahan-permasalahan yang telah diidentifikasi harus dirumuskan sebagai berikut adalah Bagaimanakah keefektifan, kevalidan dan kepraktisan media vidio pembelajaran berbantuan aplikasi CapCut dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis keefektifan, kevalidan dan kepraktisan media vidio pembelajaran berbantuan aplikasi CapCut dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dan Untuk mengevaluasi peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu model ADDIE. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran digital berbantuan CapCut pada tema Kekayaan Budaya Indonesia dan Motivasi Belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 106184 Sekip. Berdasarkan pembahasan hasil evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran video berbantuan aplikasi CapCut, Validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media ini mencapai presentase kelayakan sebesar 92,31%, dengan kriteria "Sangat Layak." Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa media ini mencapai presentase kelayakan sebesar 95,71%, juga dengan kriteria "Sangat Layak." Berdasarkan Keefektifan bahwa Rata-rata nilai per responden setelah penggunaan media naik menjadi 80,93% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan Kepraktisan Hasil penilaian Media Pembelajaran Vidio Berbantuan Aplikasi CapCut Terhadap respon Siswa sebesar 91,82% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil kesimpulan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video berbantuan aplikasi CapCut efektif, dan praktis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 106184 Sekip, Kota Medan.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4230
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
a. Cover.docxCover207.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open
b. TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI299.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open
c. ABSTRAK.docxABSTRAK596.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
d. KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR234.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
e. DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI24.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open
f. BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I30.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
g. BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II610.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
g. BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III52.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
i. BAB III.docx
  Restricted Access
BAB IV2.36 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
j. BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V26.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
k. DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA27.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
l. Lampiran.docx
  Restricted Access
Lampiran3.08 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
m. Biodata Mahasiswa.docxBiodata Mahasiswa358.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.