Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4259
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNadila-
dc.contributor.author201434034-
dc.contributor.authorSiregar, Juliandi-
dc.date.accessioned2024-10-18T03:47:50Z-
dc.date.available2024-10-18T03:47:50Z-
dc.date.issued2024-07-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4259-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak untuk pembelajaran IPAS materi Siklus Air. Pengembangan media pembelajaran Diorama pada materi Siklus air di kelas V SD ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran IPAS di kelas V SD. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang berbentuk seperti bentuk aslinya berukuran kecil atau disebut juga media pembelajaran Diorama. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 105380 Kramat Gajah. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian R&D (Resarch and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Namun dalam penelitian ini peneliti membatasi hanya sampai tahap pengembangan (Development). Subjek dalam penelitian ini yaitu validator ahli materi, validator ahli media dan respon guru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu berupa angket atau kuesioner. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahli materi, ahli media dan respon guru, bahwa validasi ahli materi yang diperoleh yaitu 84% termasuk dalam kategori sangat valid/sangat layak, sedangkan validasi ahli media yaitu 85% termasuk kategori sangat valid/sangat layak dan respon guru yaitu 96% termasuk kategori sangat valid/sangat layak. Berdasarkan persentase dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan respon guru, kemudian dihitung rata-ratanya memperoleh hasil 88% termasuk dalam kategori “sangat valid/sangat layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 129 PGSD 2024en_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectDioramaen_US
dc.subjectMateri Siklus Airen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SEKOLAH DASARen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK733.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I55.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II237 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III118.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV192.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V16.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA.docxBIODATA442.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER84.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI33.7 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA46.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR54.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN216.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN406.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.