Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4303
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorOKTARYANDI, FACHRI-
dc.contributor.author187115008-
dc.contributor.authorZahari, Cut Latifah-
dc.date.accessioned2025-01-08T03:48:08Z-
dc.date.available2025-01-08T03:48:08Z-
dc.date.issued2022-08-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4303-
dc.description.abstractFACHRI OKTARYANDI, Pengembangan Instrument Test Matematika Berbasis PISA Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IX SMP Tesis. Medan: Program Study Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Muslim Nusantara, 2022 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan tes matematika berbasis PISA yang valid untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. (2) Menghasilkan tes berbasis PISA yang Praktis untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi ( tulisan) siswa SMP. (3) Menghasilkan tes berbasis PISA yang efektif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi ( tulisan) siswa SMP. Penelitian ini merupakan peneletian pengembangan dengan menggunakan desain formative evauation Tessmer yang meliputi self evaluation, expert reviews dan one-to-one, kemudian small group, serta field test. penelitian ini menghasilakan produk berupa instrumen tes berbasis PISA yang valid, praktis, dan efektif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis Siswa kelas IX SMP. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Swasta Tamora 2 Tanjung Morawa. Dari hasil hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Instrument tes Matematika Berbasis PISA Untuk Mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas IX SMP Valid dilihat dari uji kevalidan hasil r hitung > dari r table, dan berdasarkan hasil validasi dari ke 3 validator menyatakan tes dapat digunakan dengan sedikit revisi. Kepraktisan Tes berbasis PISA untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi ( tulisan) siswa SMP dapat digunakan, hal ini dilihat berdasarkan penilaian angket respon guru sebesar 66,67% respon positif dan hasil angket respon siswa, 78,21 % siswa memberi respon positif terhadap Instrument Test yang dikembangkan. Keefektifan Tes berbasis PISA untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi ( tulisan) siswa SMP dapat digunakan, dilihat berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal, yaitu sebesar 88.46 % siswa yang mengikuti pelajaran mampu mencapai nilai minimal 75 dan (2) 78,21 % siswa memberi respon positif terhadap Instrument Test yang dikembangkan.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Matematika 02 2025 PPS PEND.MMen_US
dc.subjectpengembangan Instrumen tes matematika berbasis PISAen_US
dc.subject, Kemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematisen_US
dc.titlePENGEMBANGAN INSTRUMENT TEST MATEMATIKA BERBASIS PISA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
THESIS FACHRI.docxTHESIS FACHRI3.17 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.