Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4305
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Andriana, Leni | - |
dc.contributor.author | 207015004 | - |
dc.contributor.author | Kartolo, Rahmat | - |
dc.date.accessioned | 2025-01-08T04:18:51Z | - |
dc.date.available | 2025-01-08T04:18:51Z | - |
dc.date.issued | 2022-07-07 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4305 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pemerolehan bahasa Indonesia dengan media buku bergambar pada anak SD; 2) mendeskripsikan pengembangan buku bergambar yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa SD. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau yang disebut research and development (R&D). Sumber data penelitian adalah guru, orang tua dan siswa kelas I SD Negeri 101911 Sidodadi Kecamatan Pagar Merbau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kualitatif dan kuantitatif Hasil pemerolehan bahasa Indonesia anak SD terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pralinguistik, tahap satu kata, tahap dua kata, dan tahap banyak kata. Pengembangan buku bergambar pada penelitian melalui tahapan pengumpulan informasi dan diketahui adanya permasalahan dalam mengembangkan pemerolehan bahasa anak akibat keterbatasan buku dan juga kompetensi guru dalam mengajar. Tahap selanjutnya dilakukan penyusunan instrumen dan dilanjutkan dengan validasi instrumen yang telah disusun didapatkan hasil bahwa instrumen layak untuk digunakan. Tahap selanjutnya dilakukan pengembangan desain buku yaitu buku panduan guru dan buku siswa. Hasil validasi ahli pada produk didapatkan hasil rata-rata skor penilaian terhadap produk buku panduan guru dan buku siswa yaitu 3,98, sehingga buku yang dikembangkan layak digunakan tanpa revisi. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba produk didapatkan hasil penilaian buku panduan guru mendapat skor 3,93 dengan kategori “sangat baik” dan buku siswa mendapat skor 3,96 dengan kategori “sangat baik”. Penelitian ini menghasilkan produk akhir berupa buku bergambar dilengkapi dengan buku panduan guru untuk satu tahun, buku siswa semester satu dan dua. | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 3 2025 PPS PEND.IND | en_US |
dc.subject | Penelitian dan Pengembangan | en_US |
dc.subject | Buku Bergambar | en_US |
dc.subject | Pemerolehan Bahasa | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 101911 SIDODADI KECAMATAN PAGAR MERBAU TAHUN PEMBELAJARAN | en_US |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1. COVER.docx | cover | 288.32 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
2. TANDA PERSETUJUAN TESIS.docx | LEMBAR PENGESAHAN.docx | 474.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
3. SURAT PERNYATAAN.docx | surat pernyataan | 511.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
4. ABSTRAK.docx | abstrak | 679.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
5. KATA PENGANTAR.docx | kata pengantar | 232.8 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
6. DAFTAR ISI.docx | daftar isi | 227.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
12. DAFTAR PUSTAKA.docx | daftar pustaka | 228.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
13. BIODATA MAHASISWA.docx | biodata mahasiswa | 474.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
7. BAB I.docx | BAB I | 235.22 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
8. BAB II.docx | BAB II | 253.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
9. BAB III.docx | BAB III | 261.47 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
10. BAB IV.docx | BAB IV | 2.9 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
11. BAB V.docx | BAB V | 229.57 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.