Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4305
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAndriana, Leni-
dc.contributor.author207015004-
dc.contributor.authorKartolo, Rahmat-
dc.date.accessioned2025-01-08T04:18:51Z-
dc.date.available2025-01-08T04:18:51Z-
dc.date.issued2022-07-07-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4305-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pemerolehan bahasa Indonesia dengan media buku bergambar pada anak SD; 2) mendeskripsikan pengembangan buku bergambar yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa SD. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau yang disebut research and development (R&D). Sumber data penelitian adalah guru, orang tua dan siswa kelas I SD Negeri 101911 Sidodadi Kecamatan Pagar Merbau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kualitatif dan kuantitatif Hasil pemerolehan bahasa Indonesia anak SD terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pralinguistik, tahap satu kata, tahap dua kata, dan tahap banyak kata. Pengembangan buku bergambar pada penelitian melalui tahapan pengumpulan informasi dan diketahui adanya permasalahan dalam mengembangkan pemerolehan bahasa anak akibat keterbatasan buku dan juga kompetensi guru dalam mengajar. Tahap selanjutnya dilakukan penyusunan instrumen dan dilanjutkan dengan validasi instrumen yang telah disusun didapatkan hasil bahwa instrumen layak untuk digunakan. Tahap selanjutnya dilakukan pengembangan desain buku yaitu buku panduan guru dan buku siswa. Hasil validasi ahli pada produk didapatkan hasil rata-rata skor penilaian terhadap produk buku panduan guru dan buku siswa yaitu 3,98, sehingga buku yang dikembangkan layak digunakan tanpa revisi. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba produk didapatkan hasil penilaian buku panduan guru mendapat skor 3,93 dengan kategori “sangat baik” dan buku siswa mendapat skor 3,96 dengan kategori “sangat baik”. Penelitian ini menghasilkan produk akhir berupa buku bergambar dilengkapi dengan buku panduan guru untuk satu tahun, buku siswa semester satu dan dua.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 3 2025 PPS PEND.INDen_US
dc.subjectPenelitian dan Pengembanganen_US
dc.subjectBuku Bergambaren_US
dc.subjectPemerolehan Bahasaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 101911 SIDODADI KECAMATAN PAGAR MERBAU TAHUN PEMBELAJARANen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER.docxcover288.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2. TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxLEMBAR PENGESAHAN.docx474.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3. SURAT PERNYATAAN.docxsurat pernyataan511.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4. ABSTRAK.docxabstrak679.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
5. KATA PENGANTAR.docxkata pengantar232.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6. DAFTAR ISI.docxdaftar isi227.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
12. DAFTAR PUSTAKA.docxdaftar pustaka228.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open
13. BIODATA MAHASISWA.docxbiodata mahasiswa474.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
7. BAB I.docxBAB I235.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open
8. BAB II.docxBAB II253.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open
9. BAB III.docxBAB III261.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open
10. BAB IV.docxBAB IV2.9 MBMicrosoft Word XMLView/Open
11. BAB V.docxBAB V229.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.