Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4567
Title: PENGARUH MEDIA SANDPAPER LETTER TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK VIZAHRI
Authors: BARUS, ELVIYANA
201424027
Handayani, Aminda Tri
Keywords: Membaca permulaan
sandpaper letter
sandpaper letter
media pembelajaran
Issue Date: 9-Jul-2024
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 05 PG-PAUD 2025
Abstract: Kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan membaca yang paling sederhana. Kemampuan membaca permulaan mencakup beberapa kegiatan seperti mengenal huruf dan kata-kata, menghubungkannya dengan bunyi atau menyuaraka nhuruf, suku kata, dan kalimat yang dibentuk dalam tulisan kedalam bentuk lisan.Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan dasar anak, bilakemampuandasaritutidakkuatmakamasapadatahapselanjutnyaanak-anakmengalamikesulitan. Kemampuanmembacapermulaaninimerupakanbekalanakuntukmasukdalamjenjangberikutnya.Penelitimemberikansandpaper lettersebagai media pembelajaran yang dapatmembantumengatasikemampuanmembacapermulaanpadaanak di TkVizahri.Sandpaperletter adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam metode Montessori sebagai latihan untuk membangun mekanisme otot yang diperlukan untuk kemampuan memegang dan menggunakan alat tulis kemudian jari anak yang telah terlatih melalui kegiatan meraba bentuk-bentuk huruf menjadi pelengkap pengetahuan visual anak tentang huruf. Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan media sandpaper letter dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Vizahri yang dibutikan melalui uji normalitas melalui one-sample Kolmogorov Smirnov dengan diperolehnya nilai sig. Uji Smirnov Test > taraf alpha = 0,05. Adapun data yang yang diperoleh adalah 0,725 > 0.05 dan uji hipotesis diperoleh dengan nilai Thitung = 1,934 > 1,729, dan karena dk = (n-1) = 19 dan taraf nyata ɑ = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Thitung> Ttabel (1,934) (1,729) dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Sehinggadapatdinyatakanbahwaterdapatpengaruh yang signifikanpenggunaan media sandpaper letterterhadapkemampuanmembacapermulaanpadaanaksia 5-6 tahun di TK Vizahri.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4567
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
201424027_File1.docx201424027_File1437.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201424027_File2.docx201424027_File2411.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201424027_File3.docx201424027_File3256.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201424027_File9.docx
  Restricted Access
201424027_File93.84 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201424027_Fulltext.doc
  Restricted Access
201424027_Fulltext12.07 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
201424027_File4.docxBAB 150.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201424027_File5.docxBAB 2186.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201424027_File6.docxBAB 396.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201424027_File7.docx
  Restricted Access
BAB 4140.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201424027_File8.docxBAB 548.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.