Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/485
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWAHYUNI, SRI-
dc.date.accessioned2022-01-31T03:15:01Z-
dc.date.available2022-01-31T03:15:01Z-
dc.date.issued2021-07-03-
dc.identifier.other171324054-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/485-
dc.description.abstractProses pembelajaran yang dilakukan oleh banyak tenaga pendidik saat ini cenderung pada pencapaian target materi kurikulum, lebih mementingkan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang selalu didominasi oleh guru. Dalam penyampaian materi, biasanya guru menggunakan metode ceramah, dimana siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikannya dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Dengan demikian, suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif sehingga siswa menjadi pasif. Keberhasilan atau kegagalan anak didik pada dasarnya ditentukan oleh kemampuan guru untuk membentuk mereka. Bila guru memiliki kemampuan dan ketrampilan yang baik, maka anak didik juga akan memiliki kemampuan dan ketrampilan yang baik pula. Kemampuan guru sangatlah berperan terhadap pembentukan anak didik, baik dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pengajaran secara sistem sangat dituntut. Upaya peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Dalam hal ini, diperlukan guru kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai oleh peserta didik. Suasana kelas perlu direncanakan dan dibangun sedemikian rupa dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memperoleh kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain sehingga pada gilirannya dapat diperoleh hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Apakah penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik Jigsaw akan dapat meningkatkan hasil belajar konomi siswa ?” Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk memperoleh data dan informasi tentang penerapan model pembelajaran Jigsaw. 2. Untuk memperoleh data dan informasi tentang hasil belajar ekonomi siswa. 3. Untuk memperoleh data dan informasi tentang Upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik Jigsaw. Anggapan dasar sebagai berikut : “Penerapan model pembelajaran ikut menentukan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan”, dengan rumusan hipotesis : "Penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik Jigsaw akan dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa”. Subjek penelitian adalah keseluruhan objek yang didalamnya terdapat sejumlah subjek yang dapat dijadikan sebagai sumber data, yang diharapkan dapat memberikan data-data yang dibutuhkan oleh peneliti. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh sampel yang diambil oleh peneliti sebelumnya yang dijadikan sebagai sumber data panelitian ini Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diketahui bahwa besarnya nilai thitung adalah 2,42 dengan meninjau taraf nyata =0,05 dengan harga ttabel =2,011. Setelah membandingkan dengan kriteria penguji hipotesis maka di peroleh thitung >ttabel atau 2,42>2,011. Berarti hipotesis di terima yaitu “Penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik Jigsaw” akan dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa”, dapat diterima kebenarannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 23 PENDEK 2021en_US
dc.subjectCooperative Learning Teknik Jigsawen_US
dc.titleUpaya meningkatkan Hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik jigsawen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docCOVER185.5 kBMicrosoft WordView/Open
LEMBAR PERSETUJUAN.docLEMBAR PERSETUJUAN20.5 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI40.5 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR92.5 kBMicrosoft WordView/Open
ABSTRAK.docABSTRAK52 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.doc
  Restricted Access
BAB I59 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II135.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III25.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV31.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V22.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA24.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.