Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/498
Title: | HUBUNGAN KEMAMPUAN SISWA MENGUASAI MATERI MACAM-MACAM BENTUK SURAT MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X SMK ISTIGLAL DELI TUA TA. 2020/2021 |
Authors: | SOLIHIN, MHD. REZA |
Issue Date: | 6-Jul-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 36 PENDEK 2021 |
Abstract: | Belajar merupakan usaha yang dilakukan oleh setiap individu guna meningkatkan kemampuan dan keterampilanya dalam mencapai tingakat prestasi belajar atau dengan kata lain, belajar merupakan upaya mendewasakan diri, lebih-lebih bagi siswa yang sedang duduk dibangku sekolah maupun dirumah. Prestasi belajar Korespondensi adalah suatu kemampuan siswa dalam menguasai pengetahuan tentang menulis surat, menyusun surat, mengarsip surat, mempelajari surat, memahami dan mampu mengerjakan atau menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan surat yang di berikan oleh guru. Surat merupakan bagian yang tidak terpisahkan manusia pada zaman modern ini. Hal ini terlihat dari munculnya berbagai perusahaan jasa yang mengelola pengiriman surat dan barang, baik yang dibina oleh pemerintah maupun swasta. Surat memiliki peranan yang sangat penting dalam urusan kedinasan, kehidupan sebuah instansi tidak bisa lepas dari yang namanya surat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah ada hubungan menguasai macam-macam bentuk surat menggunakan aplikasi zoom dengan hasil belajar korespondensi siswa SMK Istiqlal Deli tua T.A 2020/2021” ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran, data, dan informasi tentang : (1) kemampuan siswa kelas X SMK Istiqlal Deli tua dalam menguasai materi macam-macam bentuk surat setelah mengikuti pembelajaran menggunakan aplikasi zoom ; (2) hasil belajar korespondensi siswa kelas X SMK Istiqlal Deli tua ; (3) hubungan kemampuan siswa menguasai macam-macam bentuk surat menggunakan aplikasi zoom dengan hasil belajar korespondensi siswa kelas X SMK Istiqlal Deli tua. Hhipotesis penelitian : “Ada hubungan yang signifikan menguasai macam-macam bentuk surat menggunakan aplikasi zoomterhadap Hasil Belajar korespondensi Pada Siswa Kelas X SMK Istiqlal Deli tua Tahun Ajaran 2020/2021”. Populasidalampenelitianiniadalahseluruh siswa kelas XI SMK Istiqlal Deli Tua Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 510 orang terdiri dari 5 jurusan (TKJ, AK, AP, TKR dan Multimedia), dengan jumlah sampel 38 orang (20 orang dari AP-1 dan 18 orang dai AP-2). Hasil analisis data menunjukkan bahwa besarnya nilai t(hitung) adalah 4,64 sedangkan besarnya nilai t(tabel) untuk n = 38 dan = 0,05 adalah 1,71. Dengan demikian rumusan hipotesis yang telah ditetapkan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, yang berarti : “"ada hubungan kemampuan siswa menguasai meteri macam-macam bentuk surat menggunakan aplikasi zoom terhadap hasil belajar korespondensi siswa kelas X SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021", dapat diterima kebenarannya sebab t(hitung) > t(tabel), atau 4,64> 1,71. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/498 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mhd. Reza Solihin171324068 (COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK).doc | COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK | 116.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Mhd. Reza Solihin171324068 (KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI).doc | KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI | 100 kB | Microsoft Word | View/Open |
Mhd. Reza Solihin171324068 (BAB I).doc Restricted Access | BAB I | 64 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
Mhd. Reza Solihin171324068 (BAB II).doc Restricted Access | BAB II | 110 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
Mhd. Reza Solihin171324068 (BAB III).doc Restricted Access | BAB III | 178 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
Mhd. Reza Solihin171324068 (BAB IV DAN V).doc Restricted Access | BAB IV & V | 216 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
Mhd. Reza Solihin171324068 (DAFTAR PUSTAKA).doc | DAFTAR PUSTAKA | 47.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.