Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/598
Title: ISOLASI MINYAK KEMIRI DARI BIJI KEMIRI (ALEURITES MOLUCCANA L.) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SANGRAI SELAMA 25 MENIT DAN PEMANFAATAN DALAM FORMULASI POMADE URANG-ARING (ECLIPTA ALBA L.)
Authors: MUSALLIM, AMIRUL
Keywords: Krim pomade
Ekstrak urang-aring
Minyak kemiri
Metode sangrai
Issue Date: 20-Jul-2019
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 12 FAR 2019
Abstract: Pomade merupakan salah satu kebutu hanpria. Hal ini memberikan peluang bisnis untuk mendirikan usaha dibidang pomade dengan memanfaatkan bahan alami minyak kemiri (Aleurites moluccana L.) dan zat aktif menggunakan ekstrak urang-aring (Eclipta alba L.). Kemiri sering digunakan untuk menumbuhkan ataupun melebatkan rambut dengan cara dibakar terlebih dahulu untuk diambil minyaknya. Urang-aring sering digunakan sebagai obat kerontokan rambut, menghitamkan rambut, menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minyak kemiri dan ekstrak urang-aring dapat diformulasi sebagai sediaan krim pomade dan untuk mengetahui apakah formulasi sediaan krim pomade dari minyak kemiri dan ekstrak urang-aring stabil dalam penyimpanan yang cukup lama. Metode penelitian yang digunakan bersifat eksperimental. Minyak kemiri dengan metode sangrai selama 25 menit dan ekstrak urang-aring yang didapat dilanjutkan dengan pembuatan sediaan krim yang dibuat menggunakan alat modifikasi secara pemanasan sebanyak 4 formula yaitu formula 0, 1, 2, dan 3, denganmasing-masingekstrakurang-aring 0%, 5%, 10% dan 15%. Selanjutnya dilakukan uji parameter sediaan krim pomade. Parameter uji yang pada formula adalah uji organoleptis, homogenitas, pengukuran pH, tipe emulsi, stabilitas sediaan, iritasi dan edema pada sukarelawan dan uji hedonik. Hasil uji parameter sediaan yang dilakukan diperoleh uji organoleptis tidak menunjukkan adanya perubahan, bau, bentuk, dan warna sediaan krim. Uji homogenitas sediaan krim pomade menunjukkan tidak adanya butiran kasar. Uji pengukuran pH sediaan yang diperoleh rata-rata berada pada range pH pomadeyaitu 4,5-6,5. Uji stabilitas sediaan krim pomade menunjukkan hasil dari keempat formula semuanya stabil.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/598
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER - SURAT PERNYATAAN.docxCOVER94.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR - DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI, KATA PENGANTAR, ABSTRAK95.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAHAN SIDANG BAB I - LAMPIRAN.docxBAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN4.91 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.