Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/703
Title: | KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE DALAM MENENTUKAN NILAI MORAL PADA CERPEN "KABUT NEGERI DI SALI" PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA NURUL AMALIYAH TANJUNG MORAWA T.P 2018/2019 |
Authors: | Drs. Harison Surbakti, M.Pd; Fata Ibnu Hjar, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING ) RAMADANI, ULFA |
Keywords: | model pembelajaran Debate kemampuan menentukan nilai moral pada cerpen |
Issue Date: | 27-Jun-2019 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 116 PEND.BND 2019 |
Abstract: | Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menentukan nilai-nilai moral di dalam cerpen. Hal ini disebabkan kesulitan siswa dalam membedakan niali-nilai kehidupan yang terdapat di dalam suatu cerita, sulit membedakan nilai-nilai kehidupan di dalam suebuah cerita.. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menentukan nilai moral yang terdapat pada cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran Debate terhadap siswa kelas XI SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018 - 2019? ;(2) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menentukan nilai moral pada cerpen sesudah menggunakan model pembelajaran Debate terhadap siswa kelas XI SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018 - 2019?; (3) Apakah penggunaan model pembelajaran Debate berpengaruh terhadap Penentuan nilai moral dalam cerpen pada siswa kelas XI SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018 - 2019? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan model pembelajaran Debate dalam menentukan nilai moral pada cerpen terhadap siswa kelas XI SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa sebanyak 87 orang. Sampel diambil sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan tes menentukan nilai moral. Berdasarkan data pengolahan yang diperoleh nilai rata-rata kemampuan menentukan nilai moral pada cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Debate (Post-test) adalah 89,66, sedangkan nilai rata-rata kemampuan menentukan nilai moral pada cerpen tanpa menggunakan model pembelajaran Debate (Pre-test) adalah 52,29. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menentukan nilai moral pada cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Debate lebih tinggi dari pada tanpa menggunakan model pembelajaran Debate. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan menentukan nilai moral dengan model pembelajaran Debate. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test yang diperoleh dari pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% yang menunjukkan t-hitung > t-tabel yaitu 1,76 > 1,68. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis alternatifnya diterima. Dari hasil pengujian hipotesis maka disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Debate memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menentukan nilai moral pada cerpen oleh siswa kelas XI SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun pembelajaran 2018 - 2019. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/703 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.