Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/823
Title: | UPAYA MENINGATKAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI DALAM SURAT KABAR DENGAN METODE LEARNING TOGETHEROLEH SISWA KELAS XI SMA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017 |
Authors: | S., ERRA FAZIRA MONICA |
Keywords: | kemampuan fakta dan opini surat kabar |
Issue Date: | 26-Aug-2017 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 108 PEND.BIND 2017 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Kemampuan Membedakan Fakta Opini dalam Surat Kabar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Together oleh Siswa Kelas XI SMA Swasta Nur Azizi Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Nur Azizi Tanjung Morawa sebanyak 160 orang. Sampel diambil sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen One Group Pre- Test Post-Test Design. Instrumen yang dgunakan adalah tes membedakan fakta dan opini. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kemampuan membedakan fakta dan opini pada harian surat kabar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Together (post-test) 71.38 sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa membedakan faka dan opini (pre-test) 63.38. dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan membedakan fakta dan opini pada post test lebih tinggi daripada nilai rata-rata kemampuan membedakan fakta dan opini pada pre-test. Dalam pengolahan data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan dengan uji normalitas dan degan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas. Berdasarkan uji normalitas diperoleh diperoleh Lhitung untuk pre-test sebesar 0.1382 dan post- test 0.0984 dengan Ltabel sebesar 0.1401 sehingga Lhitung < Ltabel dan hal ini membuktikan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya dengan uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.52 dan Ftabel = 1.70 maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian dinyatakan homogen karena Fhitung < Ftabel. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel, 2.73 > 2.02 pada taraf signifikan 5%. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif diterima. Sehingga hal ini menunjukan bahwa Kemampuan Membedakan Fakta dan Opini oleh Siswa kelas XI SMA Swasta Nur Azizi Tahun Pembelajaran 2016-2017 berpengaruh positif. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/823 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1. COVER ERRA.docx | COVER | 570.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 25.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
4. DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 21.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
3.2 KATA PENGANTAR ERRA.docx | KATA PENGANTAR | 19.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
3.1 ABSTRAK ERRA.docx | ABSTRAK | 17.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
6. BAB I ERRA.docx Restricted Access | BAB I | 18.24 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
7. BAB II ERRA.docx Restricted Access | BAB II | 25.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
8. BAB III ERRA.docx Restricted Access | BAB III | 66.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
9. BAB IV dan V ERRA.docx Restricted Access | BAB IV DAN BAB V | 126.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
10. DAFTAR PUSTAKA ERRA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 16.65 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
13. Lampiran 3 ERA.docx | LAMPIRAN | 26.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
11. SILABUS ERRA.docx | LAMPIRAN | 17.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.