Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/823
Title: UPAYA MENINGATKAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI DALAM SURAT KABAR DENGAN METODE LEARNING TOGETHEROLEH SISWA KELAS XI SMA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017
Authors: S., ERRA FAZIRA MONICA
Keywords: kemampuan
fakta dan opini
surat kabar
Issue Date: 26-Aug-2017
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 108 PEND.BIND 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Kemampuan Membedakan Fakta Opini dalam Surat Kabar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Together oleh Siswa Kelas XI SMA Swasta Nur Azizi Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Nur Azizi Tanjung Morawa sebanyak 160 orang. Sampel diambil sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen One Group Pre- Test Post-Test Design. Instrumen yang dgunakan adalah tes membedakan fakta dan opini. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kemampuan membedakan fakta dan opini pada harian surat kabar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Together (post-test) 71.38 sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa membedakan faka dan opini (pre-test) 63.38. dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan membedakan fakta dan opini pada post test lebih tinggi daripada nilai rata-rata kemampuan membedakan fakta dan opini pada pre-test. Dalam pengolahan data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan dengan uji normalitas dan degan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas. Berdasarkan uji normalitas diperoleh diperoleh Lhitung untuk pre-test sebesar 0.1382 dan post- test 0.0984 dengan Ltabel sebesar 0.1401 sehingga Lhitung < Ltabel dan hal ini membuktikan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya dengan uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.52 dan Ftabel = 1.70 maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian dinyatakan homogen karena Fhitung < Ftabel. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel, 2.73 > 2.02 pada taraf signifikan 5%. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif diterima. Sehingga hal ini menunjukan bahwa Kemampuan Membedakan Fakta dan Opini oleh Siswa kelas XI SMA Swasta Nur Azizi Tahun Pembelajaran 2016-2017 berpengaruh positif.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/823
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER ERRA.docxCOVER570.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2. LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN25.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4. DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI21.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3.2 KATA PENGANTAR ERRA.docxKATA PENGANTAR19.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3.1 ABSTRAK ERRA.docxABSTRAK17.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6. BAB I ERRA.docx
  Restricted Access
BAB I18.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
7. BAB II ERRA.docx
  Restricted Access
BAB II25.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
8. BAB III ERRA.docx
  Restricted Access
BAB III66.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
9. BAB IV dan V ERRA.docx
  Restricted Access
BAB IV DAN BAB V126.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
10. DAFTAR PUSTAKA ERRA.docxDAFTAR PUSTAKA16.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open
13. Lampiran 3 ERA.docxLAMPIRAN26.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
11. SILABUS ERRA.docxLAMPIRAN17.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.