Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/839
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPURNOMO, BAYU-
dc.date.accessioned2022-04-06T08:32:51Z-
dc.date.available2022-04-06T08:32:51Z-
dc.date.issued2017-09-19-
dc.identifier.other131114229-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/839-
dc.description.abstractHasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran matematika materi operasi bentuk aljabar masih rendah. Hal ini terjadi karena penyampaian materi pelajaran oleh guru didominasi dengan penggunaan metode ceramah dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pendekatan tersebut yaitu pembelajaran matematika realistik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi operasi bentuk aljabar melalui pembelajaran matematika realistik di kelas VIII SMP PAB 6 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP PAB 6 Lubuk Pakam sejumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas ≥ 75 dan persentase tuntas belajar klasikal 75%, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 69,44 dan persentase tuntas belajar klasikal 69,44%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 80,82 dan persentase tuntas belajar klasikal menjadi 86,11%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I 71,76% dan siklus II menjadi 78,40%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP PAB 6 Lubuk Pakam. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan pembelajaran matematika realistik sebagai alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 74 PEND.MM 2017en_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP PAB 6 LUBUK PAKAM TA 2017-2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SAMPUL.rtf3.01 MBRTFView/Open
DAFTAR ISI .rtf157.6 kBRTFView/Open
KATA PENGANTAR.docx13.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK untuk ke Inggris.rtf67.11 kBRTFView/Open
BAB I BARU.rtf
  Restricted Access
87.8 kBRTFView/Open Request a copy
BAB II BARU.rtf
  Restricted Access
206.69 kBRTFView/Open Request a copy
BAB III BARU KALI LAGI.rtf
  Restricted Access
1.56 MBRTFView/Open Request a copy
BAB IVBARUKALI.rtf
  Restricted Access
221.36 kBRTFView/Open Request a copy
BAB V Baru.rtf
  Restricted Access
72.82 kBRTFView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.rtf132.95 kBRTFView/Open
Lampiran - Lampiran .rtf669.67 kBRTFView/Open
Lampiran 1 Silabus.rtf7.65 MBRTFView/Open
Lampirannya.rtfLAMPIRAN64.98 MBRTFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.