Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/843
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII M,Ts LAB IKIP AL WASHLIYAH MEDAN TA. 2017/2018 |
Authors: | HASANAH, ADETIYA |
Keywords: | Model Open-Ended Kemampuan Penalaran Matematik |
Issue Date: | 19-Sep-2017 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 66 PEND.MM 2017 |
Abstract: | Beberapa masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematik siswa rendah dan Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open-Ended terhadap kemampuan penalaran matematik siswa kelas VII MTs Lab Ikip Al-Washliyah Medan TA. 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Lab Ikip Al-Washliyah yang terbagi dalam 5 kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, dengan mengambil dua kelas secara acak dari 5 kelas. Maka diperoleh Kelas VII Abu Bakar sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Ali Bin Abi Thalib sebagai kelas kontrol.. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay yang berjumlah 6 soal, namun setelah di uji cobakan ternyata terdapat 1 butir soal yang tidak valid, sehingga hanya 5 butir soal saja yang digunakan. Dari hasil pembahasan penelitian ini bagi kelas yang menggunakan model pembelajaran Open-Ended diperoleh perhitungan rata-rata 71,06 dan simpangan baku 7,23. Bagi kelas yang menggunakan pendekatan konvensional diperoleh perhitungan rata-rata 63,59 dan simpangan baku 8,82 dengan menggunakan uji kesamaan rata-rata dengan taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan = 62 diperoleh thitung = 3,703. Dengan menggunakan tabel distribusi pada taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan = 62 diperoleh ttabel = 1,671 yang menunjukkn bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha yang diterima. Berdasarkan analisis data pengujian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Open-Ended berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematik siswa kelas VII MTs Lab Ikip Al-Washliyah. Dan peneliti menyarankan kepada guru dalam pelaksanaan pembelajaran diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Open-Ended sehingga siswa memiliki kemampuan penalaran matematik yang lebih tinggi. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/843 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER OKE.doc | COVER | 50.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Lembar Pengesahan.doc | LEMBAR PENGESAHAN | 25 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 58 kB | Microsoft Word | View/Open |
kata pengantar ade.doc | KATA PENGANTAR | 35 kB | Microsoft Word | View/Open |
ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 34.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Bab I dan II (1-22).doc Restricted Access | BAB I DAN BAB II | 112 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB III ADE 23-38.doc Restricted Access | BAB III | 395 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB IV adeee 39-45.doc Restricted Access | BAB IV | 156.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V adeeee 46-47.doc Restricted Access | BAB V | 40.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA ade 48.doc | DAFTAR PUSTAKA | 29 kB | Microsoft Word | View/Open |
LAMPIRAN I (82).doc | LAMPIRAN | 66 kB | Microsoft Word | View/Open |
LAMPIRAN J (83).doc | LAMPIRAN | 39.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
LAMPIRAN K (84).doc | LAMPIRAN | 42.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
LAMPIRAN L 85.doc | LAMPIRAN | 43.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.