Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/995
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSafrida Napitupulu., S. Pd., M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSYAHRINA-
dc.date.accessioned2022-04-21T04:42:44Z-
dc.date.available2022-04-21T04:42:44Z-
dc.date.issued2021-08-31-
dc.identifier.other171434130-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/995-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setelah adanya media lapbook yang digunakaan pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 101899 Lubuk Pakam, khususnya pada materi kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan bentuk design nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dua kelas dari kelas V, yaitu kelas VA dan VB. Dari dua kelas tersebut, kelas VA dikelompokkan menjadi kelas eksperimen (13 siswa) dan kelas VB dikelompokkan menjadi kelas kontrol (13 siswa). Kelas eksperimen menerapkan media lapbook dan kelas kontrol menerapkan buku paket IPS. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data yang dikumpulkan adalah pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil perhitungan uji t kelompok terpisah pada saat posttest menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol, karena thitung = 3,26 lebih besar dari pada ttabel = 1,71 (thitung > ttabel). Hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil membuktikan bahwa media lapbook lebih efektif dari pada buku paket, serta media lapbook memberikan pengaruh yang signifikan penggunaan media lapbook terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 101899 Lubuk Pakam, yaitu sebesar 10,31. Hal tersebut menunjukkan bahwa media lapbook memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 40 PGSD 2021en_US
dc.subjectmedia lapbooken_US
dc.subjectpembelajaran IPSen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titlePENGARUH MEDIA LAPBOOK PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101899 LUBUK PAKAMen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docCOVER39.5 kBMicrosoft WordView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docLEMBAR PERSETUJUAN62.5 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI40 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR55.5 kBMicrosoft WordView/Open
ABSTRAK.docABSTRAK28 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I23.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II47.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III46.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV40.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V20.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA20.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN15.91 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.