Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1214
Title: PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 1 BARUMUN TENGAH
Authors: TANJUNG, IKA LISTI FAIZUN
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematika
Kooperatif tipe Think Pair Share
kooperatif tipe Student Team Achievement
Issue Date: 25-Jul-2020
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 15 PEND.MM 2020
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VII SMP Negeri 1 Barumun Tengah T.P. 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barumun Tengah semester II T.P. 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas paralel. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas ekperimen I yang telah diajarkan materi aritmatika sosial yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen II yang telah di ajarkan materi aritmatika sosial yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dimana masing-masing jumlah sampel 30 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yaitu pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil analisis data pretest disimpulkan bahwa kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata posttest pada kelas TPS sebesar 80,33 dan nilai rata-rata posttest pada kelas STAD sebesar 74,23. Dari uji hipotesis data data posttest pada kedua sampel diperoleh thitung > ttabel (3,141> 1,689) artinya bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dikelas VII SMP Negeri 1 Barumun Tengah T.P. 2019/2020. Pada proses jawaban siswa, hampir sebagian besar telah sesuai dengan indikator, namun adanya perbedaan gaya diskusi dan interaksi siswa dalam berkomunikasi saat berdiskusi menyebabkan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar melalaui pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada tipe STAD.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1214
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER39.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN23.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI29.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR36.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK19.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I169.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II55.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III84.7 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV53.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V40.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA39.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN2.2 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.