Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3246
Title: ANALISIS PEMASARAN BUAH JERUK MANIS (Citrus sinensisLinn) DI PASAR TRADISIONAL CITRA GARDEN PADANG BULAN KECAMATAN MEDAN SELAYANG KOTA MEDAN
Other Titles: SKRIPSI
Authors: Faradilla, Shinta
Noviani, Nomi
Keywords: Pemasaran
Margin
Pedagang
Pasar Tradisional
Jeruk Manis
Issue Date: 28-Jul-2022
Publisher: Pertanian UMN AW 02 2022 FP AGB
Abstract: Shinta Faradilla, 2018. Analisis Pemasaran Buah Jeruk Manis (Citrus sinensis Linn) di PasarTradisional Citra Garden Padang Bulan Kecamatan Medan Selayang Kota Medan. Di bawah bimbingan Pembimbing Skripsi oleh Ibu Nomi Noviani, SP, MP, Penguji I Bapak Dian Habibie, SP, MP dan Penguji II Bapak Sugiar, SP, MP. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis saluran pemasaran jeruk manis yang terjadi di daerah penelitian. Untuk menganalisis besarnya margin pemasaran dan profit margin pada setiap lembaga pemasaran di masing-masing saluran pemasaran. Untuk menganalisis tingkat efisiensi pemasaran jeruk manis di daerah penelitian Penelitian yang dilakukan ini berjenis penelitian kuantitatif dengan bentuk analisis dan subjek yang dijadikan sumber dalam penelitian ini adalah petani dan pedagang jeruk manis. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan adalah efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran Jeruk Manis yang digunakan petani di Di Pasar Tradisional Citra Garden Kecamatan Medan Selayang Kota Medan dalam memasarkan hasil buah jeruk manis, yaitu Pola Saluran Pemasaran Pertama Petani → Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer → Konsumen. Pola saluran pemasaran kedua Petani → Pedagang Pengecer → Konsumen. Lembaga pemasaran seperti pedagang pengumpul dan pedagang pengecer sama-sama melakukan fungsi pemasaran. Pedagang pengumpul melakukan fungsi pemasaran seperti pembelian, penjualan, pengangkutan, penyimpanan, sortir, dan informasi pasar. Sedangkan pedagang pengecer melakukan fungsi pemasaran seperti pembelian, penjualan, pengangkutan, sortir, dan informasi pasar. Margin pemasaran yang terjadi pada setiap saluran pemasaran berbeda, pada saluran pemasaran pertama margin pemasaran sebesar Rp 7.000/kg. Sedangkan pada saluran pemasaran yang kedua nilai margin pemasaran sebesar Rp 4.000/kg. Share margin yang terjadi pada setiap saluran pemasaran berbeda. Share margin pada saluran pertama sebesar 58,34%, sedangkan pada saluran kedua sebesar 33,33%. Efisiensi setiap saluran pemasaran termasuk dalam kategori efisien karena nilai efisien < 50% yaitu sebesar 9.32 % dan 2,34%. Namun dalam penelitian ini saluran pemasaran kedua lebih efisien karena nilai efisiensi lebih kecil dibandingkan saluran pemasaran yang pertama yaitu sebesar 2,34 %.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3246
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK415.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I28.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II84.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III24.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV59.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V17.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA320.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER27.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI17.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA18.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR808.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN25.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN230.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.